Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meski Kuota Elpiji Dipangkas, Stok Saat Lebaran Dijamin Tetap Aman

blokbojonegoro.com | Tuesday, 05 June 2018 14:00

Meski Kuota Elpiji Dipangkas, Stok Saat Lebaran Dijamin Tetap Aman

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Jatah kuota gas elpiji subsidi atau gas melon tiga kilogram untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro pada bulan Juni mengalami pemangkasan. Pemangkasan elpiji melon tersebut berjumlah sekitar 200 tabung dibanding pada bulan Mei kemarin.

Sebelumnya pada bulan Mei Kota Ledre mendapat jatah sekitar 850 ribu Tabung. Namun pada bulan Juni ini kuota elpiji menurun menjadi 832 ribu tabung. "Ini berdasarkan Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Perdagangan dengan Pertamina di Surabaya kemarin," terang Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro, Agus Hariyana.

Agus menjelaskan walaupun ada pemangkasan kuota elpiji yang bersamaan dengan hari raya Idul Fitri, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, jumlah kuota itu pasti akan aman sampai setelah Lebaran asalkan masyarakat memakainya dengan cara yang baik dan sesuai kebutuhan.

Bahkan dipangkasnya kuota tidak akan ada dampaknya dengan harga elpiji per tabungnya. Jika benar ada kelangkaan elpiji, Dinas Perdagangan akan melakukan koordinasi cepat dengan pihak Pertamina, lantaran Pertamina juga sudah menyedikan tabung tambahan saat Lebaran.

"Jika digunanakan dengan benar, seperti untuk rumah tangga maupun usaha mikro pasti tidak ada lonjakan harga maupun kelangkaan," terang Agus Hariyana.

Untuk elpiji sdi Kabupaten Bojonegoro saat ini dalam kondisi yang aman. Serta harga jualnya juga sudah diatur dalam peraturan Gubernur, yaitu dengan harga Rp16.000 untuk pangkalan dan Rp18.000 untuk pembeli.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat mauoun penjual tidak memainkan harga yang telah ditentukan tersebut. Pasalnya, elpiji melon adalah subsidi dari pemerintah untuk masyarakat kecil. Jika benar-benar disalah gunakan pihak terkait akan mendapatkan sebuah sanksi.

"Untuk sanksinya kita belum bisa menjelaskan, tetapi kita juga melakukan pemantauan terkait harga elpiji yang beredar di tengah masyarakat," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]

Tag : elpiji, pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini