11:00 . Manajemen Persibo Banding Atas Putusan Komdis   |   10:30 . Umar: Sanksi Komdis ke Persibo Tak Fair, Kita Dicurangi   |   08:00 . Persibo Bojonegoro Diberikan Sanksi Komdis PSSI Jatim   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag: Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   19:00 . Kasur Busa Jadi Tren, Pengusaha Kasur Kapas Bertahan untuk Tetap Ada   |   18:00 . Antisipasi Lonjakan Covid Jelang Nataru, Stok Plasma Konvalesen di Bojonegoro Terpantau Aman   |   16:00 . Pemkab Salurkan BLTD Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Bojonegoro   |   15:00 . Dilewati Dump Truk, Jembatan Penghubung Desa Sumbertlaseh Ambruk   |   14:00 . Menang 1-0, Boromania Antusias Sambut Kedatangan Tim Persibo   |   11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |  
Sat, 04 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Benarkah Makan Ubi Ungu Ampuh Membuat Berat Badan Turun?

blokbojonegoro.com | Friday, 08 June 2018 07:00

Benarkah Makan Ubi Ungu Ampuh Membuat Berat Badan Turun?

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Jika kamu penggemar ubi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan ubi ungu, dan siap-siap ketagihan dengan makanan satu ini. Pasalnya, ubi ungu memiliki tekstur lembut, legit dan rasa yang manis.

Selain enak, ubi ungu ternyata juga kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Apabila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, ubi ungu wajib dimasukkan ke dalam daftar menu diet.

Satu penelitian yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ekstrak ubi ungu mampu menyusutkan sel-sel lemak. Namun, masih belum diketahui apakah ubi ungu menawarkan manfaat menurunkan berat badan yang sama bagi manusia atau tidak.

Itu sebabnya, dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan. Meski penelitian tentang manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan masih dalam tahap awal, tapi ada beberapa hal yang membuat makanan ini layak untuk dikonsumsi jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan. Manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan

1. Kaya akan serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi ungu lebih tinggi kandungan seratnya. Satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat.

Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat.

Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, serat membuat kita merasa kenyang setelah makan dan menjaga nafsu makan. Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biomedical and Enviromental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas. Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah, melindungi dari dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi risiko kenaikan gula darah.

2. Mengandung karbohidrat kompleks

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberikan asupan energi tambahan yang menyebabkan kita membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Selain itu, kandungan karbohidrat sehat ini juga membantu otak memproduksi glukosa, yang dapat menjaga konsentrasi dan membuat fokus. Tentu, hal ini penting bagi kita supaya bisa tetap fokus menjalani diet.

3. Membantu mengontrol gula darah

Warna ungu dari ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin.

Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi penyakit diabetes.


Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/08/050500820/
benarkah-makan-ubi-ungu-ampuh-membuat-berat-badan-turun-.

Tag : lebaran, ubi, tubuh, diet



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more