19:00 . Ban Pecah, Truk Muatan Rongsokan Terguling di Sukowati   |   18:00 . Tak Perlu Diet, Hanya Butuh Makan Berkesadaran   |   16:00 . Warga Nekat Lewati Batas Pagar Jembatan TBT Sambil Joget, Ini Pesan Kepala BPBD   |   14:00 . Selamat, Vesta Farida Kembali Pimpin PAC Fatayat NU Kanor   |   12:00 . Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   11:00 . Sah...! PR Fatayat NU se ANCAB Kanor Resmi Dilantik   |   10:00 . Malam Minggu di Jembatan Kanor Rengel Seperti Tahun Baru   |   09:00 . Tingkatkan Mutu Kampus, Mahasiswa UNUGIRI Hadiahkan Segudang Prestasi   |   07:00 . Toxic Relationship, Bagaimana Cara Menganalisa dan Mengatasinya?   |   19:00 . Mahasiswa Universitas Airlangga Gelar Pengabdian Masyarakat di Panggon Sinau Ademos   |   16:00 . Upaya Menciptakan Situasi Aman dan Kondusif, TNI - Polri di Bojonegoro Gelar Cangkrukan   |   12:00 . BumDes Usaha Bersama Kalitidu Kembangkan Olahan Camilan Pisang Ulin   |   11:00 . Wujudkan Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih, Dinkes Canangkan Zona Integritas   |   10:00 . Ada Aksi Damai Pedagang Pasar, Es Doger Laris Manis   |   09:00 . Jembatan TBT Hidupkan Kawasan Kanor Bojonegoro dengan Rengel Tuban   |  
Mon, 17 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaatkan Momen, Musala Al-Fath Perum B3 Gelar Pondok Ramadan

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 June 2018 22:00

Manfaatkan Momen, Musala Al-Fath Perum B3 Gelar Pondok Ramadan

Reporter: Muharrom

blokBojonegoro.com - Bulan suci ramadan adalah saat dimana umat islam berlomba-lomba menebar kebaikan dan memperkokoh keimanan, lantaran saat menjalankan ibadah puasa tentu banyak godaan yang akan terus mengiringi setiap langkah umat yang menjalankannya, apalagi ujian untuk terus beraktivitas positif. Tentu butuh pembelajaran agar puasa yang dijalani sebulan penuh benar-benar membuahkan hasil dan belajar yang paling pas adalah sejak dini.

Tak ingin menyia-nyiakan momen, takmir musala Al-Fath yang berada di Perumahan Bukit Banjarsari Baru (Perum B3), Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, mengajak anak-anak perumahan setempat memanfaatkan bulan ramadan ini dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan mengikuti pondok ramadan yang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (9-10/6/2018).

Menurut ketua panitia kegiatan, Zaenal Ikhsan, pondok ramadan untuk anak-anak rutin digelar setiap tahun, dan tentunya banyak manfaat yang didapat setelah mengikuti acara yang santai dan penuh keceriaan ini. Disamping anak-anak bisa bersosialisasi dengan teman sejawatnya, juga mereka diberikan bekal ilmu agama lewat materi yang disampaikan dengan santai.

Selain itu, kata Ikhsan yang juga guru SMA, pondok ramadan mengajarkan anak agar tidak malas beraktivitas saat menjalankan puasa dengan kegiatan-kegiatan yang positif, sehingga rasa lapar dan dahaga tidak terasa karena hati mereka ceria bisa bercanda dengan teman-temannya.

"Alhamdulillah anak-anak senang dan semangat karena memang pesertanya bervariasi ada yang sudah berpuasa penuh juga ada yang masih belajar," paparnya kepada blokBojonegoro.com.

Meski ada peserta yang masih bolong-bolong puasanya, lanjut laki-laki ramah ini, hal itu sempat membuat panitia tergelitik, lantaran ada salah satu peserta yang memang masih kecil dan saat mengikuti pondok ramadan ia tidak berpuasa, tapi saat akan minum sang anak itu tidak menampakkan diri di depan teman-teman mereka yang tengah berpuasa.

"Iya kita jadi tertawa dan gemas, anak kecil itu ngumpet saat minum. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah hormatilah mereka yang tengah berpuasa. Selain itu, dengan pondok ramadan ini anak-anak yang masih belum kuat berpuasa penuh nantinya bisa tergerak melihat kakak-kakaknya kuat berpuasa sebulan tanpa bolong," tambah Ikhsan.

Acara yang dimulai sejak pagi hingga waktu berbuka ini memang penuh dengan kegiatan yang positif, mulai dari materi ibadah sehari-hari, cerita inspiratif, menggambar dengan tema islami, hingga praktek adzan saat masuk waktu salat dan materi lainnya. Meski begitu saat siang hari anak-anak diberikan waktu untuk beristirahat dan tentu ada hadiah yang menarik untuk memompa semangat mereka agar ikhlas menjalankan puasa.

"Ada hadiah dan trofi bagi anak solih dan solihah saat mengikuti pondok ramadan, tentu harus melewati beberapa penilaian dari panitia. Dan hadiah ini bertujuan agar anak-anak terus bersemangat dalam beribadah," kata Ikhsan.

Terpisah salah satu peserta, Maheswara Nararya Pratama mengaku senang bisa ikut pondok ramadan, karena acara menarik dan menyenangkan, selain itu waktu berpuasa jadi tidak terasa lantaran ia fokus pada kegiatan. "Senang karena ramai bersama teman-teman, juga diajari tata cara beribadah yang baik dan benar," kata siswa kelas 3 SD itu yang juga diamini peserta lain, Tiara kelas 2 SD, keduanya masih kuat berpuasa dan belum bolong.

Ketua takmir musala Al-Fath, Eko Yulian merasa bersyukur, karena pondok ramadan tahun 2018 ini bisa berjalan dengan maksimal, meski begitu kedepan ia berharap semua anak-anak warga Perum B3 bisa semuanya ikut pondok ramadan, agar semakin hari ilmu agamanya semakin kuat.

"Semoga tahun depan pondok ramadan bisa diikuti semua anak-anak dan juga pemuda perumahan bukit banjarsari baru," jelas Eko. [mu]

Tag : pondok ramadan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat