13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penangkapan Kembali Dua Oknum Kades, Ada Apa?

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 June 2018 08:00

Penangkapan Kembali Dua Oknum Kades, Ada Apa?

Oleh: Imam Muchlas

Sedahkidul kembali berperkara. Kejari Bojonegoro per tanggal 30 Mei 2018 sudah menahan tersangka atas kasus ujian perangkat desa dengan dasar pasal 372 dan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara. Terlebih dengan langsung ditahannya tersangka, karena ditakutkan melarikan diri dan atau hilangnya barang bukti.

Tentu dengan beredarnya kabar terkait penangkapan ini publik akan kembali mengingat dan membuka lagi kenangan lama kejadian beberapa bulan lalu. Penangkapan kades, pemeriksaan beberapa kades terkait penggalian informasi dan bukti pendukung.

Sebenarnya publik sudah lupa kaitanya serba-serbi persoalan ujian perangkat desa di Bojonegoro. Di mana secara historis bisa dilihat dengan banyaknya pemberitaan di media, baik online maupun cetak di era awal pendaftaran ujian perangkat desa, hingga gugatan di PTUN terkait hasil dan penyelenggaraan yang dianggap secara aturan bertentangan.

Perda pengisian perangkat yang dalam tanda kutip dibuat oleh DPRD dan disusul oleh Perbub ternyata masih juga menimbulkan problem. Meskipun secara data faktanya semua yang lulus ujian sudah dilantik oleh kepala desa .

Prinsipnya jelas, bahwa kasus adalah hal yang memang harus diselesaikan dengan putusan, atau memang masih ada hal-hal yang berhubungan dengan kasus tersebut, baik secara prinsip diberlakukannya Perda nomor 1 tahun 2017 dan Perbub nomor 38 tahun 2017, beserta proses pelaksanaannya masih belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Karena selain Perda dan Perbup, gugatan mengenai tata cara ujian perangkat juga termasuk digugat. Belum lagi kejelasan tentang oknum yang mengaku utusan Kapolres yang datang ke UNES, serta proses yang sudah berjalan yang berhubungan dengan nama baik instansi.

Problem kembali bergulir, pasca ujian perangkat ternyata muncul problem lainnya. Beberapa kepala desa enggan untuk melantik peserta ujian yang lulus dengan angka tertinggi. Bahkan terdapat juga beberapa kepala desa terkena Surat Peringatan (SP) terkait putusan pemecatan oleh bupati, hingga terkena SP dua kali.

Dari kejadian ini, sisi menariknya adalah, penangkapan kedua Kades Sedahkidul dan Kades Kuniran, Kecamatan Purwosari seiring momentum H-18 jelang Pilkada di Bojonegoro.

Kejadian ini bisa jadi akan menimbulkan polemik yang sudah lama terkubur menjadi muncul kembali. Utamanya masyarakat yang berkendala terkait ujian perangkat dan persolan yang dialami.

Kami selaku Lembaga bantuan Hukum Kinasih, mendukung terjadinya penegakan hukum oleh pihak yang berwenang. Bahkan jika ternyata melibatkan banyak pihak. Hukum harus ditegakkan meski dunia runtuh.

*Penulis adalah Direktur LBH Kinasih

Tag : perangkat, desa, rekrutmen, bupati, dpmd, dprd, kapolres



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat