Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Keuntungan Jasa Tukar Uang Bisa Capai Rp7 Juta Perhari

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 June 2018 10:00

Keuntungan Jasa Tukar Uang Bisa Capai Rp7 Juta Perhari

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, jasa penukaran uang baru menjamur di sekitar alun-alun Kabupaten Bojonegoro. Uang baru dengan nilai tukar pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu dan Rp20 ribu diburu warga, lantaran untuk tukar di bank dibatasi.

Salah seorang penyedia jasa tukar uang, Faisal (24) yang sudah satu Minggu berada di Bojonegoro mengatakan, permintaan tukar uang untuk kebutuhan lebaran cukup tinggi. Bisnis jasa penukaran uang ini dijalani sudah hampir 6 tahun dan menjadikan Bojonegoro sebagai tempat usahanya.

“Dari setiap uang yang ditukarkan saya mengambil jasa Rp15 ribu. Misalnya kalau yang ditukar pecahan Rp200 ribu maka penukar menyerahkan uang Rp215 ribu,” ucap pemuda asal Kota Semarang Jawa Tengah ini, Selasa (12/6/2018).

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang paling banyak ditukarkan adalah pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu dan Rp10 ribu. Karena biasanya masyarakat membagikan uang untuk tradisi di hari raya dalam rangka berbagi rezeki dengan saudara dan tetangga.

Untuk jasa tukar uang bisa menghabiskan Rp50 Juta per hari. Bahkan dirinya mengaku bisa mengantongi keuntungan sampai Rp7,5 juta. Namun, keuntungan tersebut harus dibagi dengan bosnya yaitu 4 persen untuk dirinya dan 6 persen untuk pemilik uang itu.

"Saya di sini bersama dengan satu teman saya, tetapi ada juga teman saya yang berada di daerah lain," lanjut Faisal.

Selain itu, dirinya baru akan pulang sekitar H-1 lebaran. Sebab, ketika menjelang H-4 lebaran pasti banyak masyarakat yang menukar uang receh lantaran pada hari-hari tersebut keseluruhan bank sudah tutup. Sehingga akan benar-benar dimaksimalkan.

"Sebelumnya saja tidak menjajakannya di sini, tetapi berada di Jalan Teuku Umar," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : jasa tukar uang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini