13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Halal Bihalal, Indahnya Kekeluargaan Warga Perum Banjarsari

blokbojonegoro.com | Saturday, 30 June 2018 20:00

Halal Bihalal, Indahnya Kekeluargaan Warga Perum Banjarsari

Reporter: Nur Muharrom
 
blokBojonegoro.com - Diriwayatkan dari Abi Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda: Demi Allah Tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman. Ditanyakan kepada Rasul: “Siapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda: “Orang yang tetangganya tidak merasa aman karena gangguannya.” (Hr. Ahmad, al-Bukhari).
 
Kutipan hadits di atas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW menganggap tidak sempurna iman orang yang tidak memberikan keamanan pada tetangga. Dengan demikian kesempurnaan iman seseorang sangat dipengaruhi oleh baik atau tidaknya bersikap, berucap dan berbuat pada tetangganya.
 
Selain itu, hadits lain orang yang tidak memberikan keamanan pada tetangga, tidak akan masuk surga. Rasulullah bersabda: "Tidak akan masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman karena gangguannya. (Hr. Muslim). Ancaman ini sangat keras kepada orang yang berbuat jelek pada tetangga. Bila disebutkan tidak akan masuk surga, berarti Rasul mengancam dengan neraka terhadap pengganggu tetangga.
 
Kutipan di atas menunjukkan bahwa sebagai masyarakat yang tidak hidup sendiri, melainkan hidup bertetangga harus selalu berbuat baik, mulai dari tutur kata hingga prilaku sehari-hari. 
 
Maka dari itu, meski lebaran idul fitri sudah berlalu dua minggu lalu, seluruh warga Perumahan Bukit Banjarsari Baru (Perum B3) Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (30/6/2018), antusias mengikuti acara halal bihalal di lingkungan perumahan setempat.
 
Ketua paguyuban, Ujang mengatakan, halal bihalal sudah rutin diadakan oleh warga untuk mempererat persaudaraan antar tetangga, lantaran sebagian besar warga saat lebaran mudik ke kampung halaman masing-masing, sehingga dipastikan tidak bisa bertemu untuk bermaaf-maafan.
 
"Jadi kita fasilitasi warga untuk bertemu satu sama lain untuk saling memaafkan, dan juga apabila belum kenal bisa saling mengenal, karena juga biasanya ada warga baru," jelas Ujang kepada blokBojonegoro.com.
 
Salah satu warga, Abdul Ghofur, merasa senang melihat ratusan tetangganya guyub rukun di acara halal bihalal ini, selain itu putra-putri warga perumahan juga ikut tampil memeriahkan acara.
 
"Tentu acara seperti ini sangat penting, agar warga semakin guyub dan rukun, selain itu bisa mengenal seluruh warga. Karena kalau kita ada apa-apa orang pertama yang kita minta pertolongan adalah tetangga," jelas Ghofur. [mu]

Tag : Banjarsari, perum banjarsari



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat