Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pileg 2019

Bersaing Ketat, Dapil V Dominasi Jumlah Bacaleg

blokbojonegoro.com | Friday, 20 July 2018 20:00

Bersaing Ketat, Dapil V Dominasi Jumlah Bacaleg

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Daerah Pemilihan (Dapil) V (lima) di Kabupaten Bojonegoro merupakan tempat paling banyak bakal calon legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang mencapai 139 orang dari 16 Partai Politik.

Diketahui, Dapil Bojonegoro 5 meliputi Kecamatan Kalitidu, Kasiman, Kedewan, Malo, Ngasem, Padangan, Purwosari dan Gayam. Dapil tersebut terdapat 11 kursi yang diperebutkan. 

Selanjutnya disusul ada Dapil Bojonegoro 1 terdiri dari Kecamatan Bojonegoro, Balen, Kapas dan Trucuk terdapat 132 Bacaleg. Kemudian disusul oleh Dapil Bojonegoro 3 terdiri dari Baureno, Kedungadem, Kepohbaru, Sugihwaras ada 129 Bacaleg.

Sementara itu ada Dapil Bojonegoro 2 terdiri dari Balen, Kanor, Sukosewu, Sumberrejo sebanyak 122 bacaleg. Sedangkan untuk Dapil Bojonegoro 4 terdiri dari Bubulan, Gondang, Margomulyo, Ngambon, Ngraho, Sekar, Tambakrejo, Temayang ada 109 Bacaleg.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdim Munib menjelaskan, partai politik dibatasi mengusung Bacaleg maksimal sesuai jumlah kursi di masing-masing Dapil. 

"Maksimal 100 persen jumlah Dapil. Misalnya Dapilnya ada 10 kursi di Dapil tersebut partai hanya boleh mendaftarkan 10 Bacaleg," ujar Munib.

Menurut Munib, disetiap dapil juga diharuskan keikut sertaan Bacaleg perempuan minimal 30 persen dari jumlah laki-laki. [top/lis]

Ilustrasi: .net

Tag : pileg, bacaleg, bojonegoro, dprd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini