Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspadai Penyakit Ini Saat Perubahan Suhu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 July 2018 19:00

Waspadai Penyakit Ini Saat Perubahan Suhu

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Beberapa pekan terakhir beberapa daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Bojonegoro mengalami suhu dingin yang tak seperti biasanya. Walapun beberapa hari sudah lebih baik, tetapi ada juga pada hari-hari tertentu kembali  sangat dingin lagi.

Perubahan suhu tersebut, terjadi  terutama pada sore, malam dan dini hari. Akibat kedinginan kulit bisa menjadi kering, kulit telapak kaki menjadi pecah-pecah, timbul pecah-pecah pada bibir dan kadang kala timbul mimisan. Jika suhu dingin terus berlangsung, tidak menutup kemungkinan akan terjadi penurunan suhu tubuh, tentu hal ini akan mengganggu masyarakat.

Selain itu, perubahan cuaca ekstrem ini akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh dan akan mudah terjangkit penyakit infeksi virus atau bakteri. Pada umumnya bisa berupa infeksi saluran pernafasan (flu), alergi kulit, asma. Bahkan jika tidak diantisipasi, penyakit tersebut bisa berlanjut menjadi infeksi pada paru.

"Perubahan penurunan suhu udara yang dingin ini perlu diantisipasi, agar tidak terjadi penyakit yang lebih parah walapun selama ini belum ada kasusnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Ninik Susmiati.

Untuk mensiasati udara dingin, ada baiknya menutupi badan supaya udara dingin yang menyengat tidak langsung terasa oleh kulit. Serta menerapkan hidup sehata dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berolah raga minimal 30 menit dalam satu hari, agar tubuh semakin sehat.

"Percuma saja kita mengkonsumsi makanan yang bergizi jika tidak ditambah dengan sebuah olah raga, lantaran dengan 30 menit olahraga saja mempunyai dampak yang sangat banyak untuk tubuh maupun kesehatan," terang mantan Kepala RSUD Padangan ini.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar tidak keluar pada malam hari atau begadang dan juga harus cukup beristirahat. Sebab, jika ketiga konsep tersebut dipraktekan oleh masyarakat, akan berdampak positif kepada tubuh dan tentunya selalu bugar.

"Jangan lupa juga untuk mengecek kesehatan ke puskesmas atau dokter terdekat untuk menanggulangi sebuah penyakit sejak dini," tutup ibu dua anak ini.[din/lis]

Tag : pendidikan, penyakit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini