11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Sehat Itu (Bisa) Murah!

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 July 2018 06:00

Sehat Itu (Bisa) Murah!

Peresensi: Yuvira*

Tentang penulis 

Farida Perdana Hanif yang sering dipanggil Ridda, lahir pada 11 juni 1995 di Wonosobo, Jawa Tengah. Ia sangat menyenangi hal-hal dibidang kesehatan sejak SMA, ia sering mengikuti kegiatan ekstra yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Setelah lulus SMA Ridda melanjutkan studinya di Universitas Yogyakarta dengan menempuh program studi di fakultas kedokteran. Dan  di sela-sela waktu kuliah  yang padat ia meluangkan waktunya untuk menulis buku bertema kesehatan.

Sinopsis Buku Kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan manusia, jika tubuh dalam kondisi yang kurang sehat maka aktivitas kita pun akan terganggu. Beberapa orang sering menganggap kesehatan adalah hal yang sepele, padahal sebaliknya. Farida Perdana Hanif menulis buku yang sangat cocok dibaca tentang bagaimana kita agar tetap sehat tetapi dengan biaya yang murah. Tubuh sehat dapat didapatkan dengan hal-hal yang sederhana, seperti halnya dengan bangun pagi banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat kita ambil. Dengan bangun lebih pagi maka dapat menjaga kesehatan tulang, kenapa ? Ya karena ketika bangun pagi seseorang mendapatkan kesempatan untuk menikmati sinar matahari yang pertama kali yang banyak mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. 

Tidak hanya itu bangun pagi juga memiliki banyak manfaat lain contohnya menjauhkan seseorang dari depresi, karena orang yang bangun pagi akan cenderung mendapatkan lebih banyak oksigen yang belum terkontaminasi dengan polusi oleh karena itu maka tubuh akan dipenuhi dengan oksigen sehingga aliran darah di otak akan lebih banyak suplai oksigen sehingga lebih tenang dan mengurangi deperesi. Manfaat lain bangun pagi yakni membuat seseorang lebih bahagia dan melangsingkan tubuh mengapa bangun pagi dapat melangsingkan tubuh?, karena orang yang bangun pagi akan cenderung lebih banya aktivitas di pagi hari yang sekaligus dapat dikatakan sebagai olahraga. Dengan begitulah kalori dapat dibakar sempurna dan melangsingkan tubuh.

Masih menyambung dengan manfaat bangun pagi kesehatan yang murah dapat didapat dengan lari pagi banyak sekali manfaat lari pagi diantaranya mampu menjaga kesehatan jantung karena dengan lari pagi kurang lebih 30 menit dipagi hari mampu membuat jantung lebih kuat dalam memompa darah sehingga dinding jantung akan lebih kuat. Selain itu, lari pagi dapat menguatkan tulang, membakar lemak serta meningkatkan kecerdaan.

Hal sederhana yang pasti dilakukan banyak orang setiap hari yakni mandi, beberapa orang mungkin beranggapan bahwa mandi hanya sebagai pembersih diri setelah padatnya aktivitas, namun jika diteliti lebih mendalam lagi banyak sekalu manfaat mandi seperti halnya menghilangkan racun dalam tubuh, membuat kulit lebih lembut dan halus, meningkatkan gairah seksual dan kesuburan, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serta juga dapat meredakan depresi, itu semua karena dengan mandi baik kotoran, serta racun yang ada di dalam tubuh akan dibersihkan khususnya jika racun racun atau kotoran itu menempel pada pori-pori, jika tidak dibersihkan dengan cara mandi maka bisa jadi kotoran tadi akan menumpuk di atas pori-pori sehingga menutupnya dan menghambat pengeluaran keringat. Dari hal yang tidak disadari ternyata banyak sekali manfaat mandi. Sekaligus jika kita mandi tentunya juga akan menyikat gigi hal ini pun banyak manfaatnya seperti mencegah penyakit jantung, radang paru-paru, impotensi, serangan stroke.

Ada beberapa kegiatan lagi selain kegiatan diatas yang dapat menjadikan kita sehat, yaitu jalan kaki. Tetapi ditengah padatnya aktivitas dan perubahan zaman banyak orang yang lebih memilih untuk mengendarai kendaraan dibandingkan berjalan kaki karena memang tuntutan kerja yang cepat, manfaat jalan kaki antara lain membakar lemak di dalam tubuh, dengan seperti itu dapat menurunkan risiko kanker karena metabolisme yang lancar, menurunkan stres, dan mencegah diabetes.

Sehat yang murah juga didapat dalam hal-hal yang sederhana lainnya misalkan sarapan, sarapan sangatlah penting tetapi banyak sekali yang menyepelekan sarapan karena alasan tidak ada waktu, takut telat ketika pergi kerja atau kuliah, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sangat pentingnya  sarapan sebelum melakukan aktivitas. Manfaat yang diperoleh jika kita melakukan sarapan pagi yakni akan menambah konsentrasi khususnya bagi seorang siswa dan pekerja kantoran, sarapan juga akan mendukung keberhasilan diet, membantu perkembangan anak, serta meningkatkan mood. 

Sarapan jika tidak diimbangi dengan minum maka tidak akan bisa berjalan dengan baik sistem pencernaan kita, minum air putih juga terkadang disepelekan oleh beberapa orang. Banyak yang mungkin lebih tertarik dengan minuman berasa, padahal tubuh kita sangat membutuhkan air putih agar memperlancar sistem metabolisme tubuh kita, manfaat air putih yang mungkin jarang diketahui oleh sebagian orang antara lain menurunkan berat badan, dapat meningkatkan kinerja otak, membersihkan usus khususnya kotoran kotoran didalam usus, menjauhkan dari penyakit jantung karena tersuplai oksigen dari air, menjaga kualitas kulit, serta dapat menjaga fungsi ginjal. Karena memang kita tidak dapat hidup tanpa minum air, jika kekurangan air maka tubuh pasti akan mengalami masalah kesehatan. 

Jika tubuh dalam kondisi yang bagus, maka akan berpengaruh pada emosional dalam diri seseorang yang juga pasti akan memengaruhi mood, hal ini berkaitan dengan tertawa yakni respon tubuh ketika mengetahui hal yang unik atau lucu, ternyata tertawa memiliki banyak manfaat misalkan mengurangi rasa sakit, membakar kalori tanpa disadari, melancarkan pernafasan, serta menghilangkan stres. Berlawanan dengan tertawa, menangis juga memiliki banyak manfaat yakni menjaga penglihatan tetap jernih karena air mata kita mengandung lisoenzim yang berfungsi membersihkan kotoran yang ada di mata,menangis juga mampu menghilangkan stres sehingga mampu menaikkan mood.

Kegiatan lainnya yang mampu membuat tubuh tetap sehat yakni tidur, mungkin tak banyak yang tahu jika tidur memiliki banyak sekai manfaat baik tidur siang maupun tidur malam. Misalkan tidur siang saja memiliki manfaat antara lain menjaga kulit tetap cerah, meningkatkan kecerdasan, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung. 

Ternyata memang banyak sekali manfaat dari kegiatan yang memang terlihat sepele tetapi justru memiliki manfaat yang jauh lebih besar dan tanpa mengeluarkan banyak uang agar tubuh kita tetap sehat. Karena memang kegiatan diatas sangat mudah dikerjakan.

Kelebihan Buku

Banyak sekali memberi pengetahuan baru tentang aktivitas yang sering kita lakukan tetapi kita tidak menyadari bahwa kegiatan tersebut termasuk dalam olahraga yang dilakukan tanpa mengeluarkan banyak uang, tetapi manfaatnya dapat dirasakan. Serta buku ini dikemas dengan menarik dengan warna sampul cerah dan menarik minat pembaca untuk menggali dan  menambah pengetahuan seputar kesehatan.

Kekurangan

Meskipun begitu buku ini memiliki kekurangan diantaranya banyak sekali salah ketik kata atau bahkan juga kalimat yang rancu sehingga membuat pembaca bingung apa yang sebenarnya akan disampaikan. 

Identitas Buku : 

Judul Buku.   : Sehat Itu (Bisa) Murah!
Pengarang.    : Farida Perdana Hanif
Penerbit         : FlashBooks
Tahun Terbit : 2015
Jumlah Hlm   : 176

*Mahasiswa STIKes ICSada, dan anggota LPM Kampus Ungu.

Tag : kesehatan, resensi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat