Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Hewan Kurban di Bojonegoro Mulai Merangkak Naik

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 August 2018 18:00

Harga Hewan Kurban di Bojonegoro Mulai Merangkak Naik

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjelang perayaan Idul Adha 1439 Hijriah 22 Agustus mendatang, harga hewan kurban di Pasar Hewan di Kabupaten Bojonegoro mulai merangkak naik. Bahkan kenaikan tersebut sudah mencapai jutaan rupiah baik untuk jenis kambing maupun sapi.

Untuk kambing dewasa pada hari biasa harga jual sekitar Rp1,5 juta - Rp3 juta per ekor. Namun untuk beberapa hari terakhir sudah mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni dijual pada kisaran Rp2,5 sampai Rp3 juta per ekor.

"Kemarin-kemarin masih murah mas, sekitar Rp1,5  juta sudah dapat, hari ini sudah Rp3 jutaan. Kalau yang agak besar lagi bisa mencapai Rp3 juta lebih, padahal sebelumnya cuma Rp2,5 juta per ekor," ujar Hartono, salah satu pedagang kambing di Kapas.

Hartono mengatakan, kambing kurban yang banyak dicari yaitu ukuran sedang dengan harga Rp1,5-2 juta. Jenis ukuran kambing tersebut saat ini harganya sudah mulai naik rata-rata Rp250 ribu.

"Ini masih belum ramai. Biasanya seminggu sebelum hari raya pembeli mulai berdatangan. Tahun lalu saya bisa menjual 50 kambing, harapannya tahun ini bisa menjual lebih dari itu," terangnya.

Sementara itu, untuk harga sapi juga naik cukup signifikan. Sapi yang biasanya hanya dijual dengan harga sekitar 17 juta perekor kini melambung menjadi Rp20 juta, hal tetsebut disebabkan mulai banyaknya masayarakat yang berburu untuk hewan kurban.

"Kenaikan tersebut terjadi sekitar sepekan terakhir dan tergantung besar kecilnya sapi itu" kata salah satu Pedagang sapi di Pasar Hewan Bojonegoro, Ruslan.

Dia memperkirakan harga hewan kurban akan terus naik menjelang Idul Adha. Kenaikan bisa mencapai Rp3 juta lebih dari harga saat ini. Harga Sapi, kata Ruslan bisa mencapai Rp25 juta untuk yang ukuran sedang.

"Kenaikan harga sapi juga dipengaruhi oleh pedagang dari luar daerah yang datang ke Bojonegoro untuk memborong atau membeli sapi dalam jumlah banyak," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]

Tag : hewan, harga, naik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini