16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   19:30 . Oknum BPN Bojonegoro Dilaporkan Atas Dugaan Sertifikat Tanah Palsu   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringati Hari Pahlawan, CLASS Ingatkan Jasa Guru

blokbojonegoro.com | Saturday, 10 November 2018 19:00

Peringati Hari Pahlawan, CLASS Ingatkan Jasa Guru

Pengirim: Suryani*

blokBojonegoro.com - CLASS (Community Literacy of Sabilul Muttaqin Students) Sabtu (10/11/2018) memperingati Hari Pahlawan Nasional. Mereka membuat puluhan karya dalam berbagai bentuk, ada pesan khusus yang ingin disampaikan. Salah satunya adalah peran Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Karya tulis ini pun ditampilkan pada papan khusus agar bisa dinikmati dan diketahui banyak siswa. Salah satunya adalah terkait kisah Sudirman sebagai guru salah satu sekolah. Beliau tidak hanya mengajar tetapi juga masuk ke militer menjadi pejuang kemerdekaan hingga terpilih sebagai Panglima Besar Tentara Rakyat Indonesia mengungguli Oerip Soemoharjo.

Beberapa karya lain yang disajikan di antaranya adalah Pidato Bung Tomo dan kisah perjuangan Gerilya Tan Malaka, serta Panglima Besar Jenderal Sudirman. Dari ketiga tokoh tersebut bisa diambil banyak pelajaran. Salah satunya terkait Indonesia Merdeka 100% dan "Tuan Rumah tak akan berunding dengan maling".

"Para guru dan siswa jangan sampai mau berunding dengan para maling. Terutama para maling sumber daya alam dan ide-ide kreatif. Mereka juga sebisa mungkin untuk tidak menjadi maling itu sendiri, baik bagi orang lain atau karya orang lain," ujar Ali Ibrohim, pembina CLASS.

Selain pidato Bung Tomo dan kisah para pejuang kemerdekaan, juga ada puisi serta komik perjuangan. Pesan-pesan yang disampaikan ini untuk mendorong para siswa dan guru untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan dalam kegiatan belajar mengajar.

Ali Ibrohim juga menambahkan, CLASS adalah wadah baru yang mengumpulkan alumni blok Bojonegoro Goes to School (bB-GtS) untuk kembali bersemangat mendalami jurnalis. Ini juga usaha untuk meningkatkan budaya literasi sekolah. Para siswa pun bersemangat untuk mengikuti setiap langkah dan tahapannya. Selanjutnya, CLASS juga mengagendakan kegiatan penunjang lainnya. [ito]

*Anggota CLASS MA Sabilul Muttaqin Margoagung, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro

Tag : bB-GtS, CLASS, Margoagung, sumberejo, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat