Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

13 Hari Pancaroba, 10 Rumah Roboh Akibat Puting Beliung

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 November 2018 13:00

13 Hari Pancaroba, 10 Rumah Roboh Akibat Puting Beliung

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com - Fenomena angin puting beliung saat peralihan musim (pancaroba) perlu diwaspadai. Pada awal bulan November ini setidaknya ada 10 kejadian rumah roboh.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bojonegoro, MZ Budi Mulyono menjelaskan, jika puting beliung terjadi saat pancaroba susah dipredikasi. Menurutnya, puting beliung jika ditinjau dari keilmuan terjadi sore hari hingga pukul 19.00 Wib.

"Namun kenyataannya ada kejadian puting beliung tengah malam," beber Budi kepada blokBojonegoro.com, Selasa (13/11/2018) di kantornya.

Jadi dirinya belum bisa memastikan sampai kapan angin puting beliung akan terjadi di Kabupaten Bojonegoro. Yang jelas pihaknya mengimbau untuk para stakeholder mulai dari tingkat RT, RW, Desa, Kecamatan segera melaporkan ke BPBD apabila ada kejadian bencana.

"Termasuk warga masyarakat juga boleh melaporkan langsung kepada BPBD," beber Budi.

Kembali terkait data jumlah rumah roboh akibat puting beliung, sesuai data yang terhimpun  dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menyebut bencana itu terjadi di beberapa kecamatan.

Di antaranya di Desa Palem dan Punggur Kecamatan Purwosari, pada Sabtu (3/11/2018), menimpa rumah milik Waras (55) dan Ngasri. Selanjutnya di Desa Kendung, Desa/Kecamatan Padangan, rumah roboh milik Talim, Witono, Ngatimin dan Juwito, serta Jumakir.

Kemudian ada di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam pada Sabtu (3/11/2018) menimpa rumah milik Jarmi (42). Di Desa/Kecamatan Sugihwaras pada Senin (5/11/2018) menimpa rumah Sriah (65).

Dan pada tanggal Selasa (6/11/2018) terjadi di Desa Cancung, Kecamatan Bubulan menimpa rumah Darwati. [top/mu]

Tag : pancaroba, puting beliung, rumah ronoh, angin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini