18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |  
Wed, 17 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Kopi Bojonegoro, Ajang Promosi Kopi Nusantara

blokbojonegoro.com | Saturday, 01 December 2018 08:00

Festival Kopi Bojonegoro, Ajang Promosi Kopi Nusantara

Kontributor : Apriani

blokBojonegoro.com - Festival kuliner dan kopi, diikuti sebanyak 16 stand dan 14 kedai kopi yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro, serta berbagai kota atau kabupaten lainya. Acara yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun salah satu pusat perbelanjaan di Kota Ledre, berlangsung pada Jumat, (30/11/2018) sampai dengan hari Minggu, (02/12/2018).

Menariknya dari setiap kedai kopi yang mengikuti Festival Kopi, memiliki ciri khas masing-masing. Ada banyak varian kopi dari berbagai daerah nusantara yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Seperti halnya salah satu kedai kopi yang berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Biji buah kopi yang digunakan memiliki khas tersendiri, yang mana lebih dominan kopi berasal dari pegunungan Arjuna, Malang.

salah seorang barista Kedai Espreo, Rizal dari Sidoarjo mengatakan, kegiatan ini dapat memeperkenalkan berbagai jenis kopi yang ada di Nusantara. Karena ada beragam jenis kopi yang ada di Indonesia dan memiliki khas masing-masing daerah. "Kebetulan kalau Kopi Arjuna ini kami langsung mendapatkannya dari petani di sana," ungkapnya.

Rizal, salah seorang barista atau penyeduh kopi, yang sudah bergeliat sekitar enam tahun dalam dunia kopi, mengapresiasi adanya Festival Kopi. Hal yang sama juga diungkapkan salah satu barista yang berasal dari Kota Surabaya, Dimas mengatakan, adanya Festival Kopi, menjadikan sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan kopi daerah yang memiliki khas masing-masing daerah.

Dimas mengaku Senang dapat berbagi dan memperkenalkan berbagai jenis kopi, karena menjadi seorang barista juga harus tahu asal muasal kopi ini dari mana, dari petani mana, kopi jenis apa, pengolahannya seperti apa.

"Jadi kita harus memahami setiap prosesnya. Belajar setiap saat, bisa saja kopi yang diseduh menghasilkan varian yang berbeda walaupun berasal dari buah kopi yang sama," terang Dimas, kepada blokBojonegoro.com.

Menurutnya, ada empat elemen yang tidak dapat terpisahkan dengan kopi, yang pertama petani, kedua roasters, barista, dan konsumen. Meski berasal dari kopi jenis yang sama, petani sama dengan perawatan atau proses yang berbeda sedikit saja, disangrai oleh roasters yang sama, dengan barista yang sama belum tentu kopi tersebut memiliki rasa yang sama, seperti yang dirasakan sebelumnya oleh konsumen. "Komposisi pada proses penyeduhan juga menentukan rasa dari kopi itu sendiri," pungkasnya. [ani/ito]

Tag : festival, kopi, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat