15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Membangun Desa, Bojonegoro Semarakkan BID

blokbojonegoro.com | Wednesday, 12 December 2018 09:00

Membangun Desa, Bojonegoro Semarakkan BID

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam rangka mensukseskan pembangunan desa, malalui Program Inovasi Desa (PID) menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019. Sehingga bentuk kegiatan PID, salahsatunya Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan disemarakkan di GOR Dabonsia Dander Bojonegoro, Selasa (18/12/2018).

Ketua Forum Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Rochim menjelaskan, PID ini untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang No.6/2014 tentang Desa, dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas. "Agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi, serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing," jelasnya, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan PID salahsatunya Bursa Inovasi Desa (BID). Dijelaskan Rochim, BID itu merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa. "Tujuan diselenggarakannya BID untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa, akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah. Serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan Dana Desa," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Pemuda asal Desa Mojodesa Kecamatan Kapas itu menekankan, BID merupakan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa. Pasalnya BID adalah ajang pertukaran jual-beli cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan Desa.

"BID bukan juga kegiatan pameran barang tapi ide-ide kreatif dalam pembangunan Desa. Sebab BID dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualiatas pembangunan, melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa," tegas aktivis pemuda desa itu.

Ditambahkan Rochim, kembali bahwa BID bukan merupakan pameran barang dan bila ada agenda kegiatan di Kabupaten yang bersifat pengelolan pengetahuan dan bukan pameran, dapat dilaksanakan bersamaan. [ito/mu]

Tag : inovasi desa, dd, add, bursa inovasi desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat