Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

'Nggubrekan' Kebersamaan Petani Setelah Masa Tanam

blokbojonegoro.com | Saturday, 22 December 2018 17:00

'Nggubrekan' Kebersamaan Petani Setelah Masa Tanam

Kontributor: Candra Kurniawan

blokBojonegoro.com - Pasca masa tanam, banyak kegiatan adat yang dilakukan oleh petani di berbagai daerah, salah satunya tradisi yang masih dijaga oleh para petani di Desa Mojoranu Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro ini.

Pagi tadi, Sabtu (22/12/2018), para petani di Mojoranu mengadakan 'Nggubrekan' di lapangan dekat persawahan di desa tersebut.

Nggubrekan adalah tradisi dimana para petani berkumpul di lapangan terbuka dekat dengan area sawah mereka, sambil membawa makanan dan berdoa bersama.

Fauzan, salah satu petani mengatakan, jika tujuan Nggubrekan ini adalah untuk berdoa agar padi yang baru ditanam tidak diserang oleh hama. "Kita ngumpul sambil silaturahmi juga, dan berdoa bersama agar tidak gagal panen," ucap Fauzan.

Tradisi ini masih dijaga oleh masyarakat desa khususnya para petani di Mojorane setelah masa tanam. [wan/mu]

Tag : ngubrekan, tradisi, adat, budaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini