11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebijakan Memanusiakan Manusia dengan SDGs

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 January 2019 11:00

Kebijakan Memanusiakan Manusia dengan SDGs

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Diskusi Reboan bertema 'Kebijakan yang Memanusiakan Manusia dengan SDGs' digelar di Lantai II Aula PCNU Bojonegoro, Selasa (8/1/2019). Dalam rangka Hari Ulang Tahun (Haul) KH. Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) ke-9.

Diskusi tersebut dihadiri 58 peserta dari 24 lembaga di Bojonegoro. Host kegiatan ini adalah IDFoS Indonesia. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua PCNU Bojonegoro terpilih, dr. Kholid Ubed.

Dalam sambutannya, dr Kholed Ubed menyampaikan, dalam segala bentuk kegiatan harus selalu mencerminkan nilai-nilai Gus Dur. Terutama kemanusiaan. Harus selalu membela kaum Mustadz'afin (terpinggirkan).

"Salah satu tauladan adalah Gus Dur tentang nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

Beberapa narasumber kegiatan ini di antaranya Akademisi dan Direktur Pare Institute, Imam Fahtudin. Bappeda Bojonegoro, Dwi Setyorini. Dan Direktur IDFoS Indonesia, Joko Hadi Purnomo juga Ketua FKUB Bojonegoro, KH. Alamul Huda Masyhur.

Akademisi dan Direktur Pare Institute, Imam Fahrudin menyampaikan, dalam implementasi kebijakan harus mencerminkan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs) yakni Universal, Intergrasi dan prinsip no one left behind.

Sementara itu, Ketua FKUB Bojonegoro, KH Alamul Huda Masyhur menambahkan, perlu ditambah lagi nilai toleransi antar umat beragama, dengan kondisi yang damai bisa menjadikan pencapaian yang lebih baik.

Pada sisi teknis kebijakan, Bappeda Bojonegoro, Dwi Setyorini menyampaikan, data mengenai capaian SDGs hingga tahun 2018, dimana terdapat penekanan pada Pilar Sosial 5 tujuan SDGs yaitu dalam hal kemiskinan, kesehatan, kelaparan, pendidikan dan kesetaraan gender.

"Pemerintah berharap dalam SDGs ini perlu ada kemitraan yang bersama-sama mencapainya," kata Dwi Setyorini.

Direktur IDFoS Indonesia, Joko Hadi Purnomo menambahkan, sebenarnya dalam analisis kemandirian Anggaran Bojonegoro yang rata-rata dalam 5 tahun terakhir ini mencapai angka 45%, yakni proporsi PAD dan DBH Migas.

Tugasnya sekarang adalah bagaimana memaksimalkan kondisi fiskal tersebut untuk mendukung SDGs secara optimal.

Selain itu, untuk mensupport SDGs sebaiknya juga dirumuskan untuk tidak hanya di support anggaran pemerintah, namun perlu ada sumber pendanaan lain seperti pendanaan dari Badan Amil Zakat dan lain-lain. [yud/mu]

Tag : gus dur, hal gus dur, SDGs, diskusi reboan, pcnu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat