Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

IB Gratis Solusi Stabilkan Ketersedian Sapi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 16 January 2019 19:00

IB Gratis Solusi Stabilkan Ketersedian Sapi

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) terus ditingkatkan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Bojonegoro di tahun 2019 ini. Oleh karenanya, layanan insenminasi buatan (IB) secara cuma-cuma itu terus digalakkan Disnakan Bojonegoro kepada para peternak sapi agar sapi indukan tersebut cepat bunting.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Budi daya dan Pengembangan Industri Ternak Disnakan Bojonegoro, Elfia Nuraini. Menurutnya IB gratis merupakan program prioritas, agar ketersediaan sapi tetap stabil, pasalnya Bojonegoro juga sebagai pemasok daging sapi,  dengan IB itu, dirasa kesetabilan kestersediaan bisa terjamin.

"Ada 65 Petugas IB dimaksimalkan disemua wilayah Bojonegoro, bahkan petugas tersebut secara rutin mengontrol kesehatan Sapi indukan," papar Elfia kepada blokBojonegoro.com.

Elfia Menambahkan IB juga dimaksudkan untuk meningkatkan kuota sapi agar cepat bunting sekaligus untuk tingkatkan kualitas sapi potong untuk kebutuhan nasional yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan peternak sendiri.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com. IB gratis pada 2018 lalu awalnya ditargetkan 41.250 sapi yang ikut IB gratis, namun realisasinya hingga 44.841 ekor sapi dengan artian mencapai 109 persen sapi yang ikut IB grastis. Sedangkan untuk tahun 2019 ini target  sapi indukan yang mengikuti IB gratis sebanyak 44.500 sapi.

"Layanan IB gratis tidak selesai pada layanan kawin suntik dan pemeriksaan rutin, namun usai mengikuti program ini, warga hanya diminta partisipasinya untuk tetap melaporkan perkembangan kesehatan sapi betinanya tersebut," tutup Elfia kepada blokBojonegoro.com.[saf/lis]

Tag : sapi, ternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini