13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

8 Pelaku Usaha Terima Peralatan dari EMCL

blokbojonegoro.com | Friday, 01 February 2019 20:00

8 Pelaku Usaha Terima Peralatan dari EMCL

 
Reporter: Parto Sasmito
 
blokBojonegoro.com - Sebanyak 8 orang pelaku usaha kecil di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro menerima peralatan usaha dari operator minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Jumat (1/2/2019) siang.
 
Bertempat di Balai Desa Ringintunggal, Kecamatan Gayam, acara serah terima peralatan dihadiri perwakilan kecamatan, kepala desa, tokoh masyarakat serta 8 penerima manfaat dari 7 desa.
 
Para pelaku usaha yang menerima peralatan itu dari kelompok maupun pribadi, di antaranya yang menjalankan usaha kerajinan bambu di Desa Beged, pengrajin batik di Mojodelik, penjual olahan makanan di Mojodelik, penjual olahan makanan karang taruna Ringintunggal, pedagang kopi di Begadon, jasa sablon di Desa/Kecamatan Gayam, serta kelompok pembuat pupuk di Desa Jelu dan ternak kambing karang taruna Desa Tengger, Kecamatan Gayam.
 
Salah satu penerima manfaat, Aditya yang menjalankan usaha bersama karang taruna di Desa Tengger, Kecamatan Ngasem menyampaikan terimakasih atas bantuan peralatan dari EMCL berupa alat pencacah untuk pakan ternak kambing.
 
Adit mengatakan, alat itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak yang saat ini jumlahnya ada 30 ekor kambing. Biasanya, peternak mencari pakan di dalam hutan sekitar 1 km dari desa dengan mengendarai sepeda motor. Saat musim hujan, akses masuk  hanya bisa jalan kaki, sehingga susah untuk mendapatkan pakan.
 
"Dengan alat cacah ini, mengolah pakan untuk ternak lebih banyak. Ada 3 yang bisa diolah, yakni rumput, kulit kacang dan bonggol jagung. Selain untuk ternak kami, cacah dari limbah menjadi tepung itu bisa untuk pakan ternak warga seperti kelinci maupun yang lain," papar Adit yang sudah mulai menjalankan usaha ternak bersama karang taruna sejak tahun 2017 itu.
 
Berbeda dengan penerima manfaat dari Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam. Nur Hasyim mengaku mulai menjalankan usaha di bidang angkringan yang dikelola Karang Taruna Djoko Tole desa setempat, sejak akhir tahun 2017 dengan omset awal Rp300 ribu per hari, kini sudah mencapai 2 sampai 3 juta rupiah setiap harinya.
 
"Bantuan rombong display makanan diharapkan bisa lebih menunjang kegiatan jual beli di angkringan kami, sehingga menambah pendapatan," papar Nur Hasyim.
 
Kepala Desa Ringintunggal, Pandil mengapresiasi dukungan kepada para pemuda di desanya. Kelompok usaha Karang Taruna Desa Ringintunggal memang tergolong maju. Usaha makan minuman yang dikelola mereka selalu laris.
 
“Para pemuda ini kan sudah punya kemauan, juga ada kemajuan. Ditambah dukungan EMCL. Maka makin majulah usaha mereka,” ujar Pandil.
 
Perwakilan dari EMCL,  Ichwan Arifin yang menyerahkan peralatan usaha itu menyampaikan, mereka yang terpilih mendapatkan peralatan, dengan kreteria mempunyai usaha yang sudah dan masih berjalan, terlibat aktif di kegiatan sosial di desa. "Serta sosok pemuda yang bisa menginspirasi," ungkapnya.
 
Ichwan menambahkan, kegiatan ini, adalah bagian dari upaya ExxonMobil menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, walaupun tugas pokok ExxonMobil adalah melakukan kegiatan project. "Kami berharap dan kami akan bangga apabila kontribusi peralatan ini bisa dimanfaatkan dan dirawat dengan baik oleh pelaku usaha. Sehingga usaha yang selama ini berjalan bisa berkembang lebih baik ke depan," harapnya. [ito/lis]
 
Adapun jenis peralatan yang diberikan oleh EMCL kepada pelaku usaha, di antaranya:
 
1. Kerajinan anyaman bambu di Desa Beged: kompresor, bor duduk 16mm dan mesin mata bor.
2. Ternak kambing karang taruna Desa Tengger: mesin pencacah rumput 6,5pk
3. Pengrajin batik mojodelik: peralatan batik (alat cap batik, canting dan malam)
4. Penjual olahan makanan karang taruna Ringintunggal: Rombong display makanan
5. Pedagang kopi Begadon: Mesin sangrai kopi kecil
6. Jasa sablon Gayam: peralatan sablon
7. Produksi pupuk organik: peralatan produksi
8. Penjual olahan makanan Mojodelik: kompor besar, blender/juicer, dan hand sealer

Tag : bantuan, emcl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat