07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Stok Bawang Merah Membludak, Harga Jual Anjlok

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 February 2019 17:00

Stok Bawang Merah Membludak, Harga Jual Anjlok

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Belakangan ini, harga bawang semakin anjlok layaknya harga kerupuk. Stok yang melimpah membuat harganya terus merosot. Apa lagi teksturnya yang mengandung air membuat bawang merah cepat busuk di musim hujan seperti ini. Hal ini memaksa tengkulak membeli dan menjual bawang merah dengan harga yang murah meriah.

"Harganya ada mulai dari harga Rp5.000 per kilogram, sedangkan yang kualitas super harganya hanya Rp9.000 per kilogram" beber Rasemo salah satu bos pengkulak bawang merah di Kecamatan Kedungadem.

Laki-laki 50 tahun itu membeli bawang merah langsung dari petani sekitar Kedungadem. Ada juga dari kecamatan lain seperti Kepohbaru dan Gondang, bahkan Ia kadang memmbeli langsung dari Nganjuk.

Laki-laki yang kerap disapa Mbah Mo itu mengaku membeli bawang merah dari petani dengan sistem tebas. Jadi perlu kehati-hatian untuk menebas bawang merah, karena menggunakan perkiraan hasil saja. "Ya nggak selalu untung, kadang juga rugi," ungkapnya pada blokBojonegoro.com.

Meskipun harga jualnya angat murah, namun harga bibit bawang merah saat ini masih mahal, yaitu mencapai Rp35.000.

"Harga bibitnya secara kualitas sama saja dengan hasil panen saat ini, tapi bedanya bibit harus digantung selama beberapa bulan dulu," terang Mbah Mo.

Untuk jenisnya sendiri ada dua jenis bawang merah yaitu jenis Thailand dan jenis Bauji. Semuanya juga memiliki keunggulan di musimnya masing-masing. Thailand yang baik untuk musim kemarau dan Bauji baik untuk musim penghujan.

Sejauh ini Mbah Mo menjual bawang merah ke penjual yang ada di pasar kecamatan terdekat, juga ke Surabaya dan Purwodadi. Itupun pemasaranya masih di rasa sulit. pasalnya, Purwodadi sendiri sekarang juga musimnya bawang merah.

Harga jual paling menguntungkan menurut Mbah Mo adalah pada tahun 2013, dimana keuntunganya bisa mencapai 5x lipat dari harga beli.

"Kalau sekarang ya..., mau tidak mau ya harus jual cepat, takutnya nanti harga semakin turun," pungkasnya. [aim/lis]

Tag : stok, bawang merah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat