Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Jelaskan Program Peningkatan Pertanian

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 February 2019 13:00

Bupati Jelaskan Program Peningkatan Pertanian

Reporter: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, menjelaskan bahwa semua program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bertujuan meningkatkan tarap hidup masyarakat agar lebih baik. Diharapkan masyarakat dapat menyerap program pemerintah secara maksimal.

Seperti program peningkatan SDM (beasiswa saintis), beasiswa skripsi, Kartu Pedagang Produktif (KPP) dengan bunga yang rendah (0,5 %), PPM (Program Petani Mandiri) dan program-program lain yang bersifat fisik maupun non fisik.

Misalnya, Bupati Anna bertemu dengan kelompok tani empat Kecamatan Dander, Bojonegoro, Kapas dan Sukosewu di rumah Sukijan warga Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (12/2/2019) kemarin.

Bupati Anna menyampaikan program terbaru Pemkab Bojonegoro yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani Bojonegoro, di antaranya program pemberdayaan kelompok tani.

"Terdapat 'sekolah lapang' yang bertujuan untuk memunculkan petani muda dan menambah wawasan terkait pertanian," kata Bupati.

Selain itu, program AUTP (Asuransi Usaha Tanaman Padi). Asuransi ini bertujuan untuk menjamin petani padi apabila gagal panen yang disebabkan bencana alam, petani tetap mendapatkan ganti rugi dari pemerintah.

"Asuransi ini masih terbatas tanaman padi. Adapun tanaman yang lain, seperti tembakau, bawang merah dan tanaman yang lain belum bisa diasuransikan," bebernya.

Kemudian, PPM (Program Petani Mandiri). Implementasi dari program ini adalah KPM (Kartu Petani Mandiri) yang akan diberikan kepada anggota kelompok tani. Realisasi KPM tahap pertama ini masih sedikit. Akan tetapi ditahap selanjutnya akan diperbanyak.

"Semua program ini dibiayai oleh Pemkab  Bojonegoro. Karena itu, semua pihak harus bekerjasama dan saling mendukung agar program ini tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat Bojonegoro," pungkas Bupati. [yud/lis]

Tag : autp, bupati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini