18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |   08:00 . 74 Polisi di Bojonegoro Naik Pangkat   |   07:00 . Menabung Saja Tidak Cukup, Ini Tips Ajarkan Anak Kelola Uang dengan Tepat   |   06:00 . Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan   |   22:00 . Mendag Zulhas: Perjanjian Indonesia–UAE CEPA Ditandatangani, Upaya Tingkatkan Ekspor   |   21:00 . Roadshow, PMI Bojonegoro Lakukan Pembinaan dan Orientasi Pengurus Kecamatan   |   20:00 . Gubernur Lantik Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim   |   19:00 . Perangi Hoaks, Gubernur Jatim Lantik Komite Komunikasi Digital   |   18:00 . Program Agrosilvopastura, PEPC Inisiasi Kesadaran Kolektif Masyarakat Lestarikan Lingkungan   |   12:00 . Momen Hari Bhayangkara, Bupati Anna Ucapkan Selamat Kepada Pejuang Indonesia   |   11:00 . Negara Hadir, Pemerintah Bayar Kompensasi Rp64.5 T, Perkuat Arus Kas Pertamina, Proteksi Daya Beli Masyarakat   |  
Sat, 02 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siswa SMAN 1 Sugihwaras Juara Dua di Kejuraan Pencak Silat

Sempat Grogi, Septian Telpon Orang Tua Sebelum Tanding

blokbojonegoro.com | Sunday, 17 February 2019 09:00

Sempat Grogi, Septian Telpon Orang Tua Sebelum Tanding

Reporter M Safuan

blokBojonegoro.com - Septian Pramana Putra siswa dari SMAN 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, berhasil meraih juara 2 dalam kejuaraan Pencak Silat Tingkat Asia Eropa. Siswa Kelas XI Kelas Seni Tunggal Putra tingkat pelajar SMA sederajat yang diselenggarakan di Kota Bandung, pada tanggal 31Januari hingga 3 Februari 2019 lalu.

Torehan manis tersebut, berkat upaya dan tekad yang gigih dalam mengikuti kejuaraan tersebut. Pasalnya peserta dalam kejuaraan itu tidak hanya dari Indonesia melainkan juga ada dari Negara luar pula.

"Memang awal saat mengikuti lomba tersebut sempat grogi, terlebih lagi saat tampil dapat nomor urut ke atau paling belakang dalam grup A," ucap pemuda yang juga pernah menyabet juara nasional di 2018 lalu.

Pada kejuaraan itu, setiap peserta yang bertanding di nomor kelas TGR atau Seni awalnya dibagi pergroup bahkan pada kelas itu pembagian hingga ada 7 group, dan setiap group itu berisi 12 peserta. Dengan banyaknya group itu, dipastikan peserta yang ikut kelas seni ini sangat luar biasa animonya, bahkan peserta pada nomor kelas seni juga terdapat atlet dari negara luar negeri.

"Namun, peserta pencak silat yang dirasa paling berat yakni peserta dari Australia," kata siswa yang akrab disapa Septian oleh teman sebayanya.

Septian melanjutkan bila ingin lolos dari fase group setiap peserta paling tidak harus berada di urutan dua teratas, syukur saat di fase group bisa lolos dan bisa terus melaju hingga menjadi juara dua pencak silat Asia Eropa tahun 2019, hanya kalah dari peserta dari Bandung yang berhasil menjadi juara satu.

Adapun saat kejuaraan tersebut ada 3 hal yang menjadi acuan penilaian dari juri yakni Tekhnik Kuda-kuda, keindahan dan ketepatan waktu. Pada saat itu setiap peserta diberi 3 menit untuk menunjukan seni pencak silat di hadapan dewan juri. Oleh karenanya, dalam setiap peserta dituntut untuk menyuguhkan penampilan terbaik dengan durasi yang cukup pendek.

"Sebelum tampil saya sempat telepon ke kedua orangtua, guna menghilangkan rasa grogi dan pastinya minta doa," ucap Septian sembari tersenyum malu.

Dalam mengikuti kejuaraan ini, putra pasangan Mirza Fahrudin dan Ni'matus Zahra waktu persiapannya dirasa cukup pendek, meski begitu ia menggunakan waktu latihan secara optimal.

Dengan raihan prestasi itu, siswa SMAN 1 Sugihwaras ini juga bakal mengikuti seleksi pencak silat yang akan dilaksanakan dalam minggu ini, guna mencari atlet yang akan dikutsertakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019. Diharapkan saat mengikuti seleksi nanti juga bisa lolos agar bisa tampil menjadi salah satu wakil atlet Bojonegoro, terlebih lagi bisa meraih medali.

"Semoga saja saat ikuti seleksi Porprov bisa lolos," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [saf/ito]

Tag : Juara, pencak, silat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat