13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dari Ngamen, Belikan Buku untuk Perpustakaan Keliling

blokbojonegoro.com | Monday, 18 February 2019 13:00

Dari Ngamen, Belikan Buku untuk Perpustakaan Keliling

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Perpustakaan  GatDa, merupakan perpustakaan keliling menggunakan becak yang didesain sedemikian rupa, dengan rak kecil yang menjadi tatakan buku, kemudian dibawa keliling desa oleh Agung Ridwan, pemuda asal Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Kota Bojonegoro.

Ia Bercerita, Ide awal pembuatan perpustakaan keliling ini dimulai ketika ia membaca sebuah buku berjudul "Room To Read" karya John Wood.

"Setelah membaca buku itu, saya berinspirasi untuk membuat perpustakaan diam dan keliling, dengan modal awal dari hasil saya ngamen," terang laki-laki yang kerap di sapa Agung itu kepada blokBojonegoro.com.

Tak hanya itu, yang paling unik, ternyata uang hasil ngamen itu sebenarnya adalah uang tabunganya yang hendak digunakan mendaftarkan diri di sebuah kampus yang ada di Bojonegoro.

Sepulangnya membeli buku dari tabungan hasil ngamen,  dia mendapat teguran keras dari orang tuanya karena mengorbankan impiannya untuk melanjutkan kuliah tersebut, demi membeli buku guna mendirikan perpustkaan.

Namun, pada akhirnya, niatnya membuat perpustakaan juga didukung orangtuanya. Ketika melihat becak milih sang ayah yang sudah tidak terpakai lagi, terpikirlah ide untuk membuat perpustakaan becak yang diisi dengan buku yang dibelinya dari hasil mengamen.

Agung Ridwan pemuda yang sangat gigih itu sebelumnya juga sudah mencoba berbagai cara untuk mendirikan perpustakaan. Salah satunya adalah mencoba mengirim 1000 pesan singkat / SMS, berupa tawaran dan penyampaian idenya untuk membuat perpustakaan diam dan keliling. Namun setelah 3 bulan menunggu respon alhasil semuanya nihil.

Setelah berjalan beberapa bulan hingga saat ini perpustakaanya mendapatkan berbagai donasi, baik dari dalam dan luar negeri, juga dari percetakan buku.

"Semua itu karena hastag, sebab saya sering menggunakan hastag dan menandai orang-orang yang berteman dengan saya di facebook dan juga instagram, bisa dibilang semua korban tag," lagi-lagi ia bercerita dengan cengengesan.

Bahkan, saat berkeliling kota Ia sering membawa gitar dan boneka dongeng, untuk menghibur anak-anak yang membaca buku di perpustakaan keliling miliknya. Dan akhir-akhir ini ia tengah belajar pantomim, sebuah kegiatan baru yang baru saja ia tekuni. [aim/ito]

Tag : perpustakaan, keliling, bojonegoro, gatda, ngrowo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat