07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Launching 44 Event Sepanjang 2019

Bupati Luncurkan Branding Bojonegoro Produktif dan Pinarak Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 February 2019 15:00

Bupati Luncurkan Branding Bojonegoro Produktif dan Pinarak Bojonegoro

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Anna Muawanah melaunching Kalender Event 2019. Acara yang disuguhi pagelaran drama tari dan cerita bergambar "Pesona Samin Bojonegoro" tersebut digelar di Griya MCM Bojonegoro, Sabtu (23/2/2019). Launching Kalender Event 2019 ini menjadi gebrakan Pemkab Bojonegoro yang serius menggarap wisata dan budaya.

Menurutnya, launching ini langkah menuju Bojonegoro produktif. Karena dengan adanya kalender event ini semua akan tahu apa yang akan dilakukan Pemkab Bojonegoro di tahun 2019.

Sehingga semua elemen, mulai dari akademisi, para pebisnis, pemerintah, komunitas, dan media bisa mendukung dan bersama-sama menyukseskan visi dan misi Kabupaten Bojonegoro.

"Khususnya, misi kelima yaitu mewujudkan peningkatan kesejahteraan berbasis ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif," beber Bupati.

Tahun ini, akan ada 44 event budaya dan pariwisata yang  akan digelar di Bojonegoro. Bu Anna berharap dari 44 event tersebut ada beberapa event yang bisa masuk dalam 100 kalender event nasional dari Kementerian Pariwisata.

"Dan juga bisa menjadi nilai tambah bagi proses pengakuan Geopark Nasional menuju Unesco Geopark Network (GGN),’’ kata Bupati perempuan pertama di Bojonegoro ini.

Selain melaunching kalender event, Bu Anna juga secara resmi mengenalkan Branding Bojonegoro, yaitu Bojonegoro Produktif dan Pinarak Bojonegoro.

Menurutnya, branding merupakan suatu strategi yang dilakukan negara atau daerah untuk membuat positioning yang kuat dalam target pasar. Seperti layaknya positioning produk atau jasa. Sehingga, negara atau daerah tersebut dapat dikenal secara luas di seluruh dunia.

Bupati mengatakan, kalau potensi Bojonegoro yang sangat besar dilihat dari sisi wisata dan budaya ini tidak akan memberikan manfaat apa-apa, jika tidak dilakukan langkah-langkah konkret mengarah pada pengembangan ekonomi kreatif.

Juga, pemberdayaan masyarakat dan terus melakukan kerja sama yang lebih intens lagi dengan bebagai pihak. Baik kerja sama regional maupun internasional.

"Keterlibatan masyarakat akan terus dilakukan agar kelestarian budaya dan keberadaan destinasi wisata semakin berkembang lebih baik dan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri," ucapnya.

Tentu ini, lanjutnya, tidak sesuatu yang serta merta ada. Tetapi melalui proses panjang dan perlu terus dibangun secara berkelanjutan dan terus  bersinergi  dengan berbagai stakeholder yang ada.

"Untuk itu disampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung launching ini. Semoga memberikan manfaat yang besar bagi kemakmuran masyarakat Bojonegoro," pungkasnya.

Bojonegoro Surga Tersembunyi

Bojonegoro memang tidak punya gunung yang indah, laut yang luas, dan pantai yang mempesona seperti daerah lain. Tetapi, Bojonegoro memiliki geopark atau taman bumi yang tersebar di seluruh bumi Bojonegoro.

"Begitu juga Bojonegoro, berkeinginan tidak hanya dikenal di dalam negeri saja. Namun bisa menjadi magnet bagi masyarakat dunia untuk bisa menyaksikan keunikan dan keindahan Bojonegoro. Ibarat surga tersembunyi," kata Bupati Anna.

"Dan salah satu yang bisa disaksikan langsung adalah hamparan minyak bumi yang ada di Wonocolo. Yang biasa disebut Little Texas Wonocolo," ujarnya.

Bojonegoro juga punya Kahyangan Api atau Api Abadi yang sampai saat ini keindahannya masih bisa disaksikan. ‘’Ayo semua saja, para pelaku wisata, termasuk wisatawan mancanegara kami persilakan menikmati langsung pesona Bojonegoro,’’ kata Bu Anna.

Selain sisi wisata, Bojonegoro juga memiliki budaya yang tidak kalah bagusnya dengan daerah lain. Salah satunya Masyarakat Samin di Kecamatan Margomulyo. Budaya masyarakat tersebut sampai saat ini masih bisa disaksikan keberadaannya secara langsung.

Masyarakat Samin mempunyai budaya luhur yang tetap  terjaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. ‘’Terutama nilai-nilai kejujuran dan kesederhanaan yang biasa disebut dengan budaya Samin,’’ imbuhnya. [yud/ito]

Tag : Bojonegoro, produktif, pinarak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat