Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#KabarBanjir

Petani 3 Desa di Balen Ditaksir Merugi Hingga Ratusan Juta

blokbojonegoro.com | Friday, 08 March 2019 12:00

Petani 3 Desa di Balen Ditaksir Merugi Hingga Ratusan Juta

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Petani di 3 desa yang ada di Kecamatan Balen, ditaksir menderita kerugian hinggaa ratusan juta rupiah, akibat lahan pertanian direndam banjir.

"Total 58 hektar sawah milik petani dari 3 desa yakni Kabunan, Sobontoro dan Sidobandung kebanjiran dan tanaman padinya bakal masuk masa panen," ungkap Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Zaenal Fanani.

Rata-rata tanaman padi yang terendam di 3 desa di Kecamatan Balen sudah berusia 60 hingga 75 hari. Petani di 3 tersebut diduga mengalami taksiran kerugian hingga mencapai 348 juta rupiah. Tambah pria yang akrab disapa Zaenal.

"Namun, diduga taksiran kerugian petani yang banyak dialami oleh petani dari desa Sobontoro yakni mencapai 180 juta rupiah," terang Zaenal kepada blokBojonegoro.com.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com total 58 hektar sawah yang tergenang banjir itu  rinciannya adalah Desa Sidobandung sawah tergenang seluas 3 hektar dengan rata-rata usia padi 60 sampai 70 hari taksiran kerugian mencapai 18 juta. Untuk luas lahan sawah tergenang air banjir di Desa Kabunan seluas 25 hektar, rata-rata usia padi 60 sampai 70 hari, taksiran kerugian capai 150 juta.

Adapun luas lahan pertanian di Desa Sobontoro yang terendam air banjir yakni 30 hektar, rata-rata usia padi berusia 55 hingga 65 hari total taksiran kerugian petani desa setempat mencapai 180 juta rupiah.

"Terpaksa panen lebih dulu biar tidak capai rugi banyak," ucap Sadiyo salah satu petani desa setempat. [saf/ito]

Jangan lupa Subcribe blokBojonegoroTV

Tag : petani, sobontoro, balen, banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini