Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringati Ultah ke-12 Ademos

Sarasehan Sinau Bareng, Ademos Komit Bangun Desa

blokbojonegoro.com | Friday, 15 March 2019 17:30

Sarasehan Sinau Bareng, Ademos Komit Bangun Desa

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Menginjak usia 12 tahun, membuat Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) semakin matang mendampingi masyarakat dan menjebatani kebijakan kepemerintah. Sehingga melalui sarasehan sinau bareng desa, Ademos meneguhkan komitmennya untuk membangun desa.

Dalam sarasehan sinau bareng desa dengan tema 'Desa sebagai Pilar Ketahanan Pangan Nasional', diadakan untuk memperingati ulang tahun Ademos yang ke 12 di Pendopo Malowopati Kabupaten Bojonegoro, Jumat (15/3/2019). Beberapa Narasumber kompeten dibidangnya dihadirkan dalam sarasehan tersebut.

Seperti halnya Dr. Arie Sujito, selaku Dosen Tetap Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada yang juga mantan Satuan Tugas (satgas) Dana Desa, menjadi narasumber diskusi. Selain itu Ademos mengundang Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, diwakili Bapak Wisma selaku General Manager PT Petrokimia, untuk membagikan pengalamannya selama berkecimpung dibidang ketahanan pangan khususnya pertanian nasional.

Sebagai bentuk komitmen, selama 12 tahun berkiprah dalam Sinau Bareng (belajar bersama), Ademos mengikrarkan diri menjadi bagian dari perjuangan masyarakat desa untuk pemerataan kesejahteraan.

Ketua Ademos, Moh. Kundori menegaskan kembali peran dan tantangan Ademos ke depan. Namun Ademos senantiasa menemani masyarakat desa menuju desa yang mandiri dalam segala bidang terutama dibidang pangan. "Desa harus menjadi pilar ketahanan pangan nasional, segala potensi yang ada di desa ke depan harus kita kelola dan kita kemas secara kreatif," tegas Kundori dengan penuh keteguhan.

Sedangkan Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto yang memberikan pengarahan menuturkan, sebagai wakil dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan Ademos. "Harapannya Ademos dengan kegiatan-kegiatannya bisa melangkah ke wilayah yang lebih luas lagi. Tidak hanya di wilayah Bojonegoro bagian barat, tetapi juga ke wilayah selatan dan timur," harap Mas Wawan yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, Arie Sujito menambahkan Wakil Bupati Bojonegoro, kalau manfaat adanya organisasi Ademos dan yang serupa dengannya. "Keberadaan organisasi seperti Ademos di desa merupakan nadi perubahan di tingkat lokal. Sebab Ademos bisa menjadi tempat bagi anak-anak muda bersama aktivis desa, untuk belajar menggali dan mengembangkan potensi yang ada di desa," tandas Arie Sujito.

Tampak sarasehan yang dihadiri narasumber sangat kompeten itu diikuti unsur-unsur pemerintah desa, gabungan kelompok tani (Gapoktan), Gabungan Kelompok Ternak, serta kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Selain penyampaian materi yang mudah dipahami peserta sarasehan, mereka juga berdiskusi dan tanya jawab seputar tema pertanian serta ketahanan pangan yang ada di Kota Ledre. [zid/lis]

 

Tag : sdemos, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini