07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |   17:00 . Ada Makam di Tengah Hutan Temayang, Diduga untuk Ritual Pesugihan   |   15:00 . Iseng Main Game, Pria Kepohbaru Dapat Rp100 Juta, Kok Bisa?   |   14:00 . Pertamina Komit Jaga Ketahanan Energi Nasional dengan Optimalisasi Produksi   |   13:00 . Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya   |   10:00 . Diatas Rata-Rata Nasional, Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan II 2022 Tertinggi Se-Pulau Jawa   |   09:00 . KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan   |   08:00 . Forecasting Pendidikan di Bojonegoro Mampu Lompat Level Tinggi   |   07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   20:00 . Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |  
Tue, 09 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tari Tengul Masal akan Masuk Rekor MURI Indonesia

blokbojonegoro.com | Saturday, 16 March 2019 16:00

Tari Tengul Masal akan Masuk Rekor MURI Indonesia

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro bakal menggelar "International Folklore Festival" pada pada 13-19 Juli mendatang. Acara yang bakal digelar di Stadion Letjen H. Soaedirman tersebut bakal dimeriahkan oleh 2.019 penari tengul asal Bojonegoro.

Tari Thengul sendiri adalah tarian tradisional asli Bojonegoro yang terinspirasi Wayang thengul. Dalam tarian ini biasanya dipentaskan oleh penari secara berkelompok dengan gerakan, ekspresi dan kostum yang menyerupai Wayang thengul. Tari Thengul ini merupakan tarian kreasi yang diciptakan selain untuk seni, juga sebagai wujud apresiasi dan upaya untuk mengangkat kembali kesenian Wayang thengul yang hampir tenggelam seiring dengan perkembangan zaman.

"Acara International Folklore Festival akan menampilkan produk-produk asal Bojonegoro, salah satunya expo kesenian Tari Thengul," ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Disbudpar, Enggar Dyah Rinimukti.

Untuk menyukseskan acara tersebut, Disbudpar bakal merekrut 100 penari baik guru maupun siswa, yang akan memperoleh materi tari Thengul massal yang untuk selanjutnya diajarkan kepada para penari lain di daerah masing masing.

Walaupun tidak sebanyak di Kabupaten Banyuwangi untuk jumlah penarinya, Enggar mengaku tarian asli Bojonegoro tersebut bakal diusulkan masuk Rekor MURI. Sebab, untuk masuk MURI sendiri tidak bergantung dengan jumlah penari, tetapi keaslian tari Thengul yang akan ditampilkan tidak sama dengan karakter tari di Banyuwangi.

"Masih kita usahakan untuk masuk rekor MURI, sebab tari Thengul berbeda dengan tari di Banyuwangi," lanjutnya.

Kegiatan "International Folklore Festival" sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan kesenian dan budaya yang diluncurkan Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, sebagai usaha mengangkat pariwisata di Kabupaten Bojonegoro.

"Dari Pemkab sendiri terus mengupayan agar kebudayaan dan pariwisata semakin dikenal oleh masyarakat, baik dari Bojonegoro maupun luar daerah dan itu juga telah dilakukan dengan launching kalender wisata beberapa pekan yang lalu," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : tari thengul, budaya, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat