Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Hanya Bojonegoro, Kekeliruan Soal SKI Seluruh Indonesia

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 March 2019 11:00

Tak Hanya Bojonegoro, Kekeliruan Soal SKI Seluruh Indonesia

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, membenarkan adanya  dugaan kekeliruan lembar soal untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Jumat (22/3/2019) Kemarin.

Kekeliruan itu, ada pada pertanyaan nomor 34 pada lembaran soal SKI yang berbunyi, "Semangat perjuangan membela Islam dan bangsa Indonesia tertanam dalam sanubari KH. Ahmad Dahlan, perjuangan ulama besar ini berhasil menorehkan tinta emas dengan menyeruhkan Resolusi Jihad dan berhasil mendirikan organisasi keagamaan yang banyak bergerak di bidang pendidikan dan dakwah Islam. Organisasi yang memilikii massa besar di Indonesia ini dikenal dengan sebutan... Adapun pilihan jawaban, yaitu "(A) Muhammadiyah, (B) Jama'ah Tabligh, (C) Nahdlatul 'Ulama, (D) Laskar Jihad.

Seharusnya tokoh dalam soal tersebut adalah KH. Hasyim Asy'ari.

Kasi Pendma, Kemenag Bojonegoro, Abdul Wachid mengatakan, kekeliruan soal tersebut sempat menyebar melalui whatsapp (WA), bahkan soal itu tidak hanya terjadi di wilayah Bojonegoro melainkan seluruh Indonesia.

"Pasalnya, soal itu langsung tersambung dari pusat," ucapnya kepada blokBojonegoro.com.

Meski begitu, lanjut dia, kekeliruan soal itu langsung mendapatkan tanggapan dari kementerian pusat.

UAMBN-BK berlangsung secara nasional mulai Senin hingga Jumat (18-22/3/2019), adapun UAMBN-BK ini merupakan salah satu ujian nasional tingkat madrasah dimana mata pelajaran yang diujikan yakni Alquran Hadits, Fikih dan SKI.

"Saat ini, kekeliruan soal itu sudah ada tanggapan dari Kementerian pusat," cetus Pria yang disapa Wachid ini. [saf/mu]

Tag : soal ski, soal salah, uambn mts



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini