12:00 . Kemenag Bojonegoro Gelar Bimtek untuk KUA   |   11:00 . Asprov PSSI Jatim: Pendaftar Persibo Hanya Pemilik PT yang Sah   |   10:00 . Geluti Usaha Backdrop, Ibu Muda ini Kantongi Omset Jutaan Rupiah   |   09:00 . 549 Peserta Berebut Kursi Perangkat Desa di Sumberrejo   |   08:00 . Manajemen Persibo 'Kebut' Kesiapan Tim   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |   17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |  
Tue, 15 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan IPM Jatim, Pemprov akan Intervensi 3 Hal Besar

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 April 2019 12:00

Tingkatkan IPM Jatim, Pemprov akan Intervensi 3 Hal Besar

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan melakukan intervensi 3 hal besar yang menjadi kerangka pikir pembangunan periode 2019–2024, guna meningkatkan PDRB dan IPM Masyarakat Jawa timur, demikian yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada acara Musrenbang Provinsi Jawa Timur, Selasa (9/4/2019) di Ballroom lantai 4 mall Grand City, Surabaya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan 3 intervensi besar itu guna menjawab permaslahan-permasalahan di Jawa Timur dan mengantispiasi kesenjangan dimasa yang akan datang, seperti ketimpangan kemiskinan antara di perkotaan dan pedesaan, Indeks Pebangunan Manusia (IPM) yang masih rendah di bawah IPM Nasional.

Adapun 3 intervensi tersebut, yang pertama penguatan dan pemberdayaan pembangunan ekonomi masyarakat, yang kedua pemberantasan kemiskinan yang komprehensip, dan yang ketiga kepastian layanan dasar yang berkualitas.

jt

Selanjutnya Khofifah menyampaikan, untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kolaborasi dan sinergitas antara stakeholder pembangunan mulai dari pemerintah pusat, provinsi, Kabupaten/kota, masyarakat sipil dan dunia usaha, dengan pendekatan terstruktur (structured approach) dan implementasi berdasarkan prinsip good governance.

"Untuk itu, pelaksanaan Musrenbang sangat penting sebagai forum memberikan masukan dalam penyusunan RPJMD Provinsi Jatim, proses penyusunan RKPD Provinsi Jatim Tahun 2020. Melalui Musrenbang ini diharapkan ada penajaman, penguatan, dan pengayaan baik dari narasumber maupun peserta," jelas Gubernur Jawa Timur.

Sebelum membuka Musrenbang, Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo mengapresiasi Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Elestianto Dardak yang ingin melompat dan memberikan akselerasi terhadap prioritas Jatim untuk mengurangi bahkan menghilangkan ketimpangan. Sebab, ketimpangan adalah musuh bersama.

jt1

Meskipun demikian, di Jatim, dengan segala sumber yang ada dengan kabupaten/kota yang banyak dan beragam tetapi masih belum bisa maju dan full speed. Untuk itu, 38 kabupaten/kota di Jatim harus bisa bersinergi satu sama lain.

“Engine atau mesin pembangunan yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah dan sektor perekonomian antara lain sektor primer, sektor sekunder dan sektor tersier harus saling bersinergi untuk menghasilkan perekonomian yang optimal,” kata Mariasmo.

Sementara itu, Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo mengatakan, dalam pembangunan dibutuhkan kolaborasi program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sehingga perlu adanya penyelarasan antara tema RPKD dengan tema pembangunan Jawa dan Bali yaitu Pendorong industri.

Hadir pula dalam acara tersebut 38 Bupati dan Walikota Se-Jawa Timur dan Kabupaten Bojonegoro diwakli oleh Wakil Bupati Budi Irawanto. [ito]

Tag : ipm, indeks pembangunan masyarakat, ipm jatim

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more