Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Besok Kemenag dan Tim BHR Laksanakan Rukyatul Hilal

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 May 2019 10:00

Besok Kemenag dan Tim BHR Laksanakan Rukyatul Hilal

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Meski Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bojonegoro, sudah memastikan awal Ramadan jatuh pada hari Senin (6/5/2019) lusa. Namun Untuk Kemenag Bojonegoro, tetap akan melakukan rukyatul hilal di Wonocolo Kecamatan Kedewan, Minggu (5/5/2019) besok.

"Selain tim BHR dan Kemenag Bojonegoro, rukyatul hilal nanti, juga ada tim dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya sebagai monitoring penentuan awal puasa dan beberapa tamu undangan lain. Baik dari instansi Pemkab, organisasi islam, serta mahasiswa.," kata Kasi Penyelenggara Syariah, Kemenag Bojonegoro, Nur Alam.

Nantinya, hasil Rukyatul hilal akan dilaporkan ke Kementerian pusat agar bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan awal puasa bersamaan dengan hasil rukyatul hilal dengan beberapa daerah lain. "Pastinya, penentuan awal puasa tetap menunggu intruksi dari Kementrian Agama pusat," jelas Nur Alam.

Saat disinggung terkait prediksi awal puasa apakah bersamaan? Nur Alam mengungkapkan kemungkinan besar awal puasa 2019 ini bersamaan, pasalnya berdasarkan hisab posisi hilal memang sudah mencapai 2 derajat. Meski begitu tetap harus melaksanakan rukyatul hilal agar lebih valid.

"Diperkirakan awal puasa akan bersamaan yakni pada hari Senin (6/5/2019)," tutur Nur Alam.

Selain itu, diperkirakan puasa tahun ini berdasarkan hisab juga akan akan digenapkan menjadi 30 hari, hal itu mengacu pada acuan hisab atau rukyah pada Senin 3 Juni 2019 mendatang posisi hilal masih dibawah 0,001 derajat atau -1 derajat sehingga puasa nantinya akan digenapkan menjadi 30 hari.

Kemenag Bojonegoro dan Tim BHR Pada pelaksanaan rukyatul hilal Minggu besok, akan ada sekitar 50 tamu undangan yang meliputi akan Ormas Islam, Pemkab Bojonegoro, PTA Surabaya, Pengadilan dan MUI guna melihat langsung rukyatul hilal yang dilakukan untuk tentukan awal puasa 2019 ini.[saf/ito]

Tag : pdm, kemenag, bojonegoro, hilal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini