08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   18:00 . Jalin Sinergitas, Dandim Bojonegoro Silaturahmi Bersama FKUB dan Tokoh Lintas Agama   |   17:00 . Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali   |   16:00 . Satreskrim Polres Bojonegoro Ringkus 9 Remaja Pelaku Pengeroyokan Di Balen   |   15:00 . Satresnarkoba Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Narkoba   |   14:00 . Provinsi Jatim Tertinggi Turunkan Kemiskinan   |   13:00 . Seorang Ayah Setubuhi Anak Tirinya 5 Kali, Terancam Meringkuk 13 Tahun di Penjara   |   12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   11:00 . Cetak Pendidik Qur'ani, Prodi PAI UNUGIRI Gelar Workshop Metode Baca Al-Qur'an An-Nahdliyah   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |  
Fri, 21 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkades Serentak 2019

Terima Aduan Pilkades Pomahan, DPRD Segera Lakukan Sidak

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 May 2019 18:00

Terima Aduan Pilkades Pomahan, DPRD Segera Lakukan Sidak

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pasca menerima pengaduan hampir sepuluhan warga Desa Pomahan Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, Kamis (16/5/2019), terkait persoalan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pomahan yang dianggap warga tidak sesuai aturan. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro akan segera melakukan sidak, untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

Baca juga [Diduga Ada Akal-akalan, Warga Pomahan Mengadu ke DPRD]

Wakil ketua Komisi A DPRD kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito membenarkan adanya aduan masyarakat Desa Pomahan, khususnya calon Kades, Pak Fatekan yang merasa daftar Kades dipersulit. "Bahkan terjadi insiden kemarin, panitia semuanya mengundurkan diri. Tetapi pada hari ini dibentuk tanpa melalui aturan yang sesuai," jelasnya.

Pasalnya panitia dibentuk tanpa melalui mekanisme Musdes yang benar. "Maka tanggal 20 Mei akan melakukan sidak ke Kecamatan Baureno untuk memverifikasi pengaduan ini," terang Anam kepada blokBojonegoro.com, usai menerima aduan tersebut.

Politisi Partai Gerindra itu juga mengungkapkan, hak warga negara untuk dipilih menjadi kepala desa merupakan hak asasi manusia yang dilindungi, piagam hak asasi manusia sedunia. Bahkan pencalonan diri menjadi kepala desa itu juga diratifikasi oleh Indonesia khususnya hak sipil politik.

"Salah satu diantaranya adalah hak untuk dipilih, maka dalam rangka untuk melindungi hak warga negara agar tidak terampas atau tercampakkan haknya. Maka komisi A akan melaksanakan sidak," ungkapnya.

Ditambahkan, Sidak nanti akan bertemu dengan Camat, Polsek dan Muspika Baureno. Bahkan menemui Kades, ketua panitia lama, ketua panitia yang terbaru dan ketua BPD, untuk menyelesaikan persoalan ini, dewan harus tahu duduk perkaranya, salah atau benar.

"Kalaupun ternyata pihak Kades melakukan proses-proses yang menghambat dan melanggar ketentuan, tentunya kita akan meluruskan. Sehingga nanti demokrasi bisa berjalan dengan baik dan suasana Desa menjadi kondusif," imbuhnya.

Anam juga menandaskan kalau panitia pilkades tinggal 8 itu tidak sesuai karena harus ganjil. Sehingga dianggap tidak sesuai dengan ketentuan Permen 22 tahun 2016, ada tahapan mekanisme tidak dihadiri macam-macam unsur-unsur desa. Intinya ini masih belum diterima dan sementara waktu panitia yang terbentuk baru dan mundur.

"Dan masih di isi lagi itu juga tetap mempertahankan kalau hanya dua yaitu Kades inkamben dengan suaminya, Komisi A akan menelusuri permasalahan yang diadukan warga Desa Pomahan," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : desa pomahan, pilkades, pilkades serentak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat