11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anak Rewel di Tengah Perjalanan Mudik, Bagaimana Mengatasinya?

blokbojonegoro.com | Sunday, 09 June 2019 07:00

Anak Rewel di Tengah Perjalanan Mudik, Bagaimana Mengatasinya?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya agar bisa berlebaran bersama keluarga di daerah asal. Sebagian masyarakat juga memanfaatkan waktu liburannya untuk bertamasya.

Dengan semakin siapnya infrastruktur jalan, semakin banyak pula masyarakat yang mudik ke kampung halaman dan bepergian menggunakan mobil pribadi.

Kemacetan pun perlu diantisipasi. Kemacetan kala mudik memang menguji kesabaran. Namun, bagi orangtua yang membawa anak kecil, kesabaran yang dibutuhkan haruslah lebih besar.

Nah, apa yang harus dilakukan orangtua jika anak rewel dalam perjalanan mudik?

Pendiri Parentalk ID, Nucha Bachri menekankan pentingnya afirmasi. Anak-anak harus diberitahu terlebih dahulu tentang tujuan mereka dan juga kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di jalan.

Misalnya, lama perjalanan dan kemacetan yang mungkin dihadapi.

"Biar anak secara batin akan lebih siap dan lebih paham juga kalau ibu dan bapaknya lebih capek," kata Nucha di Jakarta beberapa waktu lalu.

Orangtua juga harus menyiapkan hal-hal apa yang kira-kira dibutuhkan anak sepanjang perjalanan. Misalnya, membawa bekal makanan dengan nutrisi lengkap. Sebab, seringkali anak malas makan ketika dalam perjalanan.
Persiapan lainnya adalah mainan. Orangtua tak perlu membawa semua mainan yang ada di rumah. Usahakan membawa mainan yang cenderung baru sehingga anak masih semangat memainkannya.

"Bukan mainan yang biasa dia lihat karena anak suka bosan," kata Nucha.

Ponsel seringkali juga menjadi andalan para orangtua untuk meredam anak yang rewel atau kebosanan di tengah perjalanan. Sebelum pergi, usahakan mengunggah beberapa video untuk disimpan di dalam ponsel.

Namun, jangan lupa untuk membatasi waktu penggunaan ponsel di perjalanan agar anak tidak pusing atau mual.

"Lalu yang penting ada alternatif, misalnya buku atau banyakin cemilan," tuturnya.

Nucha menambahkan, penting pula untuk menghitung durasi perjalanan yang akan ditempuh. Misalnya, dengan durasi perjalanan 8 jam, usahakan menyempatkan waktu beristirahat di tengah perjalanan untuk meregangkan badan dan cuci mata.

Namun, Nucha mengatakan terkadang orangtua dihinggapi kekhawatiran yang berlebihan. Anak-anak yang disangka akan rewel di perjalanan, kadang justru menikmati perjalanan yang ada.

"Kadang kalau berpikir anak rewel, di hari H justru enggak rewel. Kadang ketakutan kita menguasai ke-parno-an. Padahal pada hari H mungkin si anak justru santai saja," kata Nucha.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat