21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bagi Hanik, Belajar Sambil Mengamalkan Ilmu Itu Asyik

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 June 2019 11:00

Bagi Hanik, Belajar Sambil Mengamalkan Ilmu Itu Asyik

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Mengajar Mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Annahdliyah Baiturrohman, Desa Wotan Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, merupakan rutinitas Hanik Atur Rofiqoh setiap pukul 14.00 Wib.

Perempuan kelahiran asli Bojonegoro itu mengajar mengaji di TPQ Baiturrohman sejak dirinya duduk di bangku kelas XII Madrasah Aliyah Islamiyah (MAI) Attanwir Talun.

Kegiatannya menjadi guru ngaji tersebut sempat berhenti, sebab ia sempat meninggalkan Bojonegoro selama 3 tahun lamanya untuk mencari ilmu dengan mondok di Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan Tuban.

Saat berbincang dengan blokBojonegoro.com, Hanik mengaku saat lulus dari Madrasah Aliyah sempat terbesit di fikiran untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, namun sebab rasa sayang kedua orang tuanya, ia pun tidak diizinkan menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi yang jauh dari kota kelahiranya, Bojonegoro.

"Memang sempat ingin kuliah, tapi tidak boleh jauh dari orang tua, diizinkan kuliah di Bojonegoro tapi tidak ada jurusan yang pas, akhirnya pilih mondok," ungkapnya.

Setelah 3 tahun menjadi santri putri di pondok pesantren Langitan, akhirnya ia diwisuda dan kembali ke rumah, tak lama kemudian ia mendapat amanah untuk mengajar mengaji kembali di TPQ Baiturrohman.

"Alhamdulillah setelah menuntut ilmu selama 3 tahun di luar Bojonegoro masih diberi kepercayaan," ucapnya.

Menurutnya, menjadi guru ngaji memang hal yang asyik, pasalnya setiap hari ia selalu terhibur oleh sikap-sikap lucu muridnya.

Melihat muridnya yang awalnya belum bisa mengaji hingga bisa membaca Al-Quran dengan lancar, baginya adalah sebuah kebahagiaan tersendiri dalam hidupnya.

"Mengamalkan ilmu sambil belajar itu sangat asyik, meskipun kita bisa mengamalkan ilmu hanya dengan mengajarkan cara baca satu huruf saja," tutupnya penuh ikhalas. [aim/mu]

Tag : hanik, Hanik Atur Rofiqoh



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat