Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkades Serentak 2019

Hari ini Pengundian 410 Bakal Calon Kepala Desa

blokbojonegoro.com | Friday, 14 June 2019 11:00

Hari ini Pengundian 410 Bakal Calon Kepala Desa

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bojonegoro memasuki tahap pengundian nomor urut. Pengundian yang dilakukan, Jum at (14/6/2019), diikuti 410 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) yang bakal maju dalam pemilihan kepala desa.

Undian nomor urut ini digelar oleh masing-masing panitia dari 155 Desa di Bojonegoro, di kantor desa masing-masing. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh Calon Kades, anggota BPD setempat dan pihak keamanan.

“Pengundian yang menggunakan mekanisme memilih nomornya sendiri ini dilakukan secara demokratis,” kata Kepala Bina Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Ira Madda Zulaikha, Jum at (14/6/19).

Ia menjelaskan, dari 410 Bacakades yang merebutkan nomor urut, bisa saja berkurang.  Biasanya ada beberapa bakal calon yang mengundurkan diri atau disebabkan karena yang lain.

Rapat pleno terbuka tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Panitia masing-masing Desa yang juga dihadiri seluruh saksi dari masing - masing calon serta para tokoh pemuda dan tokoh - tokoh masyarakat setempat.

“Panitia Pilkades sudah menjalankan beberapa tahapan pelaksanaan Pilkades, mulai dari penjaringan Balon, seleksi administrasi, penetapan Balon menjadi calon, dan hari ini pengundian nomor urut calon, secara terbuka agar semua pihak menyaksikan secara jelas," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Tahapan selanjutnya pasca penetapan calon dan pengumuman calon kepala desa, akan dilakukan sosialisasi pemungutan suara pada 17 Juni. Kemudian, kampanye umum akan dilaksanakan selama 3 hari, dari 18 sampai 20 Juni.

"Tanggal 21 sampai 25 Juni Hari tenang dan pembersihan alat peraga kampanye dan pada tanggal 26 Juni proses pemungutan dan perhitungan suara," tutup perempuan yang akrab disapa Ira tersebut.[din/ito]

Tag : pilkades, serentak, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini