19:00 . Cerita Dwi Kurnia, Ikuti Seleksi CPNS Saat Hamil   |   18:00 . Pengurus PPDI Bojonegoro Dilantik, Pemkab Siap Beri Pelayanan Terbaik   |   17:00 . Inilah Titik Lokasi Mandiri SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Rumah Cerdas Ceria Gelar Parenting untuk Si Buah Hati   |   15:00 . 435 Peserta Ikuti SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . Cerita Mbah Banung Sumitro dan Desa Blongsong   |   11:00 . Pelas Crispy, Kuliner Hits Kekinian   |   09:00 . Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |   16:00 . Hujan Deras, Beberapa Jalan di Kota Bojonegoro Tergenang   |  
Sun, 28 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anak Sering Dibentak Semasa Kecil, Bagaimana Pengaruhnya Saat Dewasa?

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 July 2019 07:00

Anak Sering Dibentak Semasa Kecil, Bagaimana Pengaruhnya Saat Dewasa?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Beberapa ibu bisa menahan amarahnya, sebagian ibu memilih diam dan menghela napas. Tapi ada juga beberapa ibu yang melampiaskan amarahnya kepada orang lain, orang sekitar, bahkan tak jarang kepada anaknya sendiri.

Saya adalah tipe yang tidak bisa menahan emosi dan memilih melampiaskannya kepada diri sendiri, atau benda di luar rumah. Entah si anak mendengar atau tidak, saya tidak pernah tahu. Semoga tidak.

Cerita ini datang dari seorang sahabat saya yang tidak akur dengan ibunya. Awalnya, saya tidak sadar akan hal itu, tapi hari itu saat saya sedang mengunjungi rumahnya, teman saya membentak ibunya yang sudah tua dan duduk di kursi roda.

Saya berusaha melarangnya dan meredakan emosinya. Tapi tidak sempat, yang terjadi sang ibu menangis dan masuk ke dalam kamarnya.

Awalnya, saya tidak mau tahu lebih banyak, tapi melihat air mata seorang ibu saya pun memberanikan diri untuk bertanya. "Kenapa?" dia menjawab ibunya sosok yang sangat menyusahkan, rewel, dan sangat bergantung pada orang lain.

Jujur saja, jawaban itu membuat saya sangat terkejut. Bagaimana bisa seorang anak menilai wanita yang sudah melahirkannya seperti itu?

Saya hanya bisa berkata, "Dia ibumu". Tapi tanpa saya minta, dia tiba-tiba bercerita pada saya tentang masa kecilnya. Saat dia berusia 5 tahun, dia sangat ingin memiliki waktu dengan ibunya seperti anak-anak lain.

Tapi yang dia dapat dari ibunya hanya makian dan cacian, dia 'ditampar' keras dengan kata-kata yang terucap oleh ibunya. Ibunya berkata dia anak yang sangat menyusahkan, bergantung padanya, bahkan dia bilang bahwa sahabat saya ini sumber masalah dalam hidupnya.

Saat itu, ibu sahabat saya ini membesarkan ketiga anaknya sendirian, suaminya seorang pelaut yang jarang berada di rumah. Bisa disimpulkan bahwa si ibu bisa seperti itu karena apa? Ya, dia kelelahan mengurus segala sesuatunya sendiri. Kata-kata yang keluar dari mulut sang ibu yang saat ini menjadi penilaian sang anak kepada ibunya.

Moms, kesalahan anak sebesar apapun jangan membentaknya, jangan meninggikan suara kepada anak. Sesungguhnya anak merekam semua kejadian pahit dalam masa kecilnya sampai dewasa. Sayangi anak-anak kita, berlakulah lemah lembut agar kelak itu yang anak-anak kita lakukan kepada kita, ibunya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more