14:00 . Tanggul Penahan Kali Avour di Kanor Jebol   |   13:00 . Kemendag Lepas Ekspor Produk Unggulan Desa dari NTB Senilai Rp700 Juta   |   12:00 . Tren Turun, Bengawan Solo Masih Siaga II   |   11:00 . Selamat Jalan Mbah Yai Imam, Husnul Khotimah   |   10:00 . Reses Masa Sidang 1 Politis Fraksi Garuda DPRD Bojonegoro Dengarkan Keluhan Warga Kanor   |   09:00 . Tandatangani Pakta Integritas, Dinsos Siap Wujudkan Pelayanan Terbaik   |   08:00 . Tanggul Bengawan Solo di Kanor Ambruk   |   07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

TMMD ke-105 Kodim 0813 Bojonegoro

Cinta NKRI, Urus KTP Diusia Senja

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 July 2019 09:00

Cinta NKRI, Urus KTP Diusia Senja

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Meskipun sudah tidak produktif dan sudah memasuki usia lanjut, Mbah Sini tetap mau mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP. Hal itu dilakukan nenek berusia sekitar 81 tahun karena cinta Indonesia, dengan mendatangi kebalaidesa Tondomulo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, meski diantar anaknya untuk mengurus identitas diri.

Setelah adanya pelayanan KK, KTP, akta kelahiran, akta kematian, KIA dan perekaman el-KTP dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2019, yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Bojonegoro. Tampak kerumumanan masyarakat Desa Tondomulo memadati balaidesa setempat, mengurus surat identitas keluarga.

Selain warga yang masih usia produktif, ada pula pemohon yang sudah berusia senja seperti Mbah Sini. Mereka antri dengan tertib menunggu panggilan petugas, untuk melakukan pengurusan E-KTP maupun surat diri yang lainnya.

"Sebagai warga yang baik dan cinta Indonesia, harus memiliki KTP," kata Ramisih anak Mbah Sini dengan bahasa jawa yang tinggal di Dusun Kedunglele RT.03/RW.07 Desa Tondomulo saat mengantarkan ibunya.

Bahkan Mbah Sini saat diantar ke balaidesa Tondomulo menggunakan sepeda motor dan harus dijaga pembonceng dibelakangnya. Padahal jarak dusun dengan balaidesa setempat berjarak sekitar 5 kilo meter.

ektp-2

"Sudah lama tidak punya KTP. Senang sekali ada layanan ini," sambungnya sambil menitih ibunya, Mbah Sini usai perekaman e-KTP.

Sementara itu Kepala Desa Tondomulo, Yanto mengaku selama ini banyak warganya yang belum mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk), apalagi dengan diberlakukankannya e-KTP.

"Mereka yang tidak punya KTP, terpaksa tidak diberikan bantuan dan tidak mempunyai hak pilih," ungkapnya.

Setidaknya warga Desa Tondomulo ada 5.047 orang dan yang memiliki KTP hanya 4.143 orang. Para penduduk tersebar di tujuh dusun yakni Tondomulo, Jetis, Jantok, Kedungbulus, Kedunglele, Sumengko dan Bunten. Sehingga dengan adanya layanan pembuatan KTP, akta, KK dan administrasi kependudukan dalam rangka TMMD ini sangat membantu masyarakat.

"Sebab selama ini banyak yang tidak memiliki KTP sama sekali.

Alasannya tempatnya jauh, warga takut menaiki kendaraan bermotor berangkat ke balaidesa atau kecamatan. Namun sekarang Dispendukcapil mendatangi masyarakat," terangnya.[zid/ito]

Tag : KETP, e-KTP



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat