10:30 . Umar: Sanksi Komdis ke Persibo Tak Fair, Kita Dicurangi   |   08:00 . Persibo Bojonegoro Diberikan Sanksi Komdis PSSI Jatim   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag: Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   19:00 . Kasur Busa Jadi Tren, Pengusaha Kasur Kapas Bertahan untuk Tetap Ada   |   18:00 . Antisipasi Lonjakan Covid Jelang Nataru, Stok Plasma Konvalesen di Bojonegoro Terpantau Aman   |   16:00 . Pemkab Salurkan BLTD Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Bojonegoro   |   15:00 . Dilewati Dump Truk, Jembatan Penghubung Desa Sumbertlaseh Ambruk   |   14:00 . Menang 1-0, Boromania Antusias Sambut Kedatangan Tim Persibo   |   11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |  
Sat, 04 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gandeng TBM Semesta Kecil, Dosen IKIP PGRI Bojonegoro Gelar Sekolah Alam

blokbojonegoro.com | Monday, 22 July 2019 09:00

Gandeng TBM Semesta Kecil, Dosen IKIP PGRI Bojonegoro Gelar Sekolah Alam

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Keceriaan dan antusias anak-anak tergambar ketika mengikuti kegiatan sekolah alam yang diadakan oleh dosen IKIP PGRI Bojonegoro, yang bermitra dengan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Semesta Kecil, Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Salah satu tim dosen dari IKIP PGRI Bojonegoro, Yuniarta Ita Purnama menerangkan, kegiatan ini adalah kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang merupakan salah satu skema dari program Pengabdian Kepada Masyarakat di bawah naungan dan binaan Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

“PKMS ini merupakan suatu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Nasional di bawah binaan Ristekdikti,” jelas Yuniarta.

PKM-IKIP-1

Sekolah alam merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di alam bebas, tanpa terikat oleh peraturan dan formalitas sekolah pada umumnya.

Pada kegiatan sekolah alam, jelas Yuniarta, anak-anak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri dan bakatnya tanpa batas.

Kegiatan sekolah alam ini bertujuan untuk memberikan contoh penerapan berbagai macam media pembelajaran Bahasa Inggris dan berbagai strategi pengajarannya. "Sehingga guru tidak monoton dalam mengajar dan mampu mengaplikasikan berbagai metode yang aktif, kreatif, inovatif dan rekreatif," paparnya.

Yuniarta menjelaskan, media yang sudah diaplikasikan pada sekolah alam ini adalah media yang bernama 'planting time'. "Di sini anak-anak memahami materi tentang waktu 'time' dan mengungkapkannya dengan menggunakan bahasa Inggris," ungkapnya.

PKM-IKIP-2

Sementara Nur Hidayat, selaku ketua TBM Semesta Kecil mengungkapkan, kegiatan yang diadakan oleh dosen IKIP PGRI Bojonegoro ini memberikan stimulus bagi TBM yang ia kelola, agar kedepannya bisa melaksanakan sekolah alam secara rutin, dan menjadi salah satu program TBM yang harus dilestarikan.

"Karena sekolah alam ini sudah terbukti memberikan semangat bagi anak-anak untuk terus belajar dimanapun mereka berada, dan memberikan wawasan agar mereka mencintai alam sekitarnya,” jelas Nur Hidayat yang juga guru madrasah ibtidaiyah.

Kegiatan sekolah alam sendiri diikuti 62 anak yang berusia sekitar 10 hingga 12 tahun, yaitu siswa–siswi kelas 4, 5 dan 6 pada jenjang Sekolah Dasar yang rata-rata berasal dari SD desa setempat.

Salah satu peserta sekolah alam, Cynta Intan Ramadhany (11) mengaku, kegiatan di luar sekolah ini adalah pengalaman pertama kali baginya diajak belajar di luar ruangan. “Saya senang sekali diajak jalan-jalan, belajar Bahasa Inggris, senam otak, bernyanyi dan ada hadiahnya,” jelas Cynta.

tbmmm

‘Planting time’ diaplikasikan dengan cara guru menunjukkan jam, semisal jam setengah dua, kemudian anak-anak harus mecari bunga yang bertuliskan “half” “past” dan “one” atau “half” “to” dan “two”, dan menanamnya pada pot bunga yang telah disediakan dengan urutan yang benar. Permainan ini bisa dilakukan dengan cara berkelompok maupun individu.

Talitha Anindya Cetta, peserta sekolah alam lain mengatakan, kegiatan belajar Bahasa Inggris yang ia ikuti di sekolah alam menjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan, dan mudah difahami.

“Pokoknya senang sekali mengikuti sekolah alam ini, karena bisa belajar sambil bermain. Saya bisa mengetahui jam-jam dalam Bahasa Inggris dengan lebih mudah,” jelas Talitha senang. [mu]

Tag : TBM SEMESTA KECIL, IKIP PGRI BOJONEGORO, SEKOLAH ALAM BOJONEGORO



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more