19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |  
Tue, 07 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 July 2019 14:00

Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM

Pengirim: Iskak Riyanto
 
blokBojonegoro.com - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, Pemkab Bojonegoro melaunching Kartu Petani Mandiri (KPM) di Desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (23/7/2019).
 
Dalam acara launcing KPM ini juga dimeriahkan  gelar tehnologi pertanian dan pameran aneka olahan hasil pertanian, hidroponik, alat mesin pertanian (Alsintan), produk pestisida dan lain-lain.
 
Pameran ini diikuti oleh Kelompok Tani Wanita (KTW) Putri Tani Desa Drajat Kecamatan Baureno dan  KTW Srikandi Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang, Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Gading Dander, Dinas Pertanian, Pos Pelayanan Agent Hayati (PPAH) Bojonegoro, PT Petrokimia Kayaku Gresik, PKK dan BUMDes desa Ngujung.
 
KTW Putri Tani menampilkan produk unggulan aneka minuman ringan instan. Ada jus jambu biji merah dan wortel, Sari kedele, Beras kencur,  Kunyit asem. 
 
"Kami punya produk aneka olahan minuman Jus jambu biji merah dan wortel, Sari kedele, Beras kencur, Kunyit asem. Produk kami bisa juga didapatkan di jaringan toko buah yang tersebar mulai Kapas sampai Babat. Sekarang sedang proses memasukan di dua supermarket besar di Bojonegoro," kata Musri, bendahara KTW Putri Tani.
 
Tidak kalah menarik, KTW Srikandi menyuguhkan aneka olahan makanan ringan berupa Bawang goreng, Usus pepaya, Kripik pisang dan Krupuk tenggiri.
 
"Tetap kami mohon ma'af, untuk bawang goreng belum ada labelnya, karena ini baru dapat pelatihan dari Ketindan Malang seminggu yang lalu," kata Yunar, ketua KTW Srikandi.
 
Sementara itu Dinas Pertanian menampilkan aneka buah dan sayur hasil pertanian juga Hidroponik (bercocok tanam dengan media air).  Di pajang juga alat mesin pertanian modern, Traktor R2 dan R4, Rice Transplanter, Combine Harvester.
 
"Yang ingin latihan tanam sistem hidroponik monggo mampir di stand kami," kata Indah,  pakar hidroponik yang juga PPL Disperta yang bertugas di Kecamatan Malo.
 
Jaringan PPAH yang juga binaan Disperta memamerkan agent hayati yang ramah lingkungan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
 
"Ini untuk mengendalikan hama penyakit yang ramah kantong dan ramah lingkungan, ada Beauveria Bassiana, Paenibacillus, PGPR dan lain-lain," kata Kamim, anggota jaringan PPAH asal Dander. [ito]
 
*Penulis adalah PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : ppl, pertanian, launching, kpm, ngujung, temayang, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more