Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Haji 2019

Hingga Tertidur, Pengantar CJH Tetap Bertahan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 July 2019 03:00

Hingga Tertidur, Pengantar CJH Tetap Bertahan

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Menjelang tengah keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Bojonegoro dari pendapa pemkab Bojonegoro menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, tampak para pengantar CJH tiduran di atas trotoar alun-alun demi melepas keluarga berangkat ke tanah suci.

Sementara itu, para CJH yang termasuk dalam keberangkatan kloter 73 dan 74 sudah berkumpul di aula pendapa. Dijadwalkan sebelum berangkat, nantinya para jamaah akan melaksanakan Salat Subuh berjamaah dan kemudian dilepas langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

"Sudah sejak pukul 22.00 Wib tadi berangkat dari rumah, sekalian ini nunggu diberangkatkan,"ujar salah satu pengantar dari Kecamatan Temayang, Sumiyati.

Sumiyati mengatakan, alasannya tetap bertahan sebab ingin melihat anak keduanya tersebut berangkat ibadah haji selama satu bulan kedepan. sebelumnya anak pertamanya juga telah lebih dulu menunaikan ibadah haji pada tahun 2014 lalu, sedangkan anak keduanya dengan profesi sebagai guru yang daftar sejak tahun 2011, baru tahun ini berkesempatan berangkat.

"Semoga lancar proses ibadah hajinya, sehat dan pulang ke Indonesia sebagai haji yang mabrur,"harapnya.

Sementara Hadi, pengantar jamaah dari Kecamatan Kedungadem ini menuturkan bahwa ia hanya ikut rombongan tetangga yang berangkat. Terdapat 8 rombongan dengan 2 mobil yang berangkat mengantarkan satu-satunya jamaah dari Desanya, yakni dari Desa Balongcabe Kecamatan Kedungadem.

"Senang ikut mengantarkan haji, siapa tahu kan bisa berangkat juga nanti. Tahun lalu banyak yang berangkat, tapi tahun ini cuma satu,"ungkap Hadi.

Namun demikian, tidak sedikit juga para pengantar memilih untuk pulang. Namun beberapa yang bertahan rata-rata telah mempersiapkan tikar yang dibawa dari rumah sebelum berangkat. Sementara menunggu, para pengantar jamaah juga menikmati kopi dari PKL dadakan di dalam alun-alun Bojonegoro. [fin/ito]

Tag : Haji, Bojonegoro, pendapa, Pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini