07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hivos Gelar Roadshow Jurnalisme Warga

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 August 2019 15:00

Hivos Gelar Roadshow Jurnalisme Warga

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Hivos bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, dengan dukungan dari Uni Eropa dan Hivos Open Contracting, menyelenggarakan kegiatan Roadshow Jurnalisme Warga (Monithon) di Gedung Angling Dharma lantai 2 Bojonegoro.

Roadshow Jurnalisme Warga (Monithon) di Bojonegoro sendiri merupakan kali kedua setelah digelar di Kota Semarang pada 21 Juli lalu. Terdapat 3 kota yang akan menjadi lokasi kegitan ini, yakni Semarang, Bojonegoro dan yang terakhir di Jakarta yang akan dilaksanakan pada 25 Agustus mendatang.

Manajer Program Development Manajement Freedom and Accountability Hivos SEA, M. Ilham Saenom munuturkan, warga didorong untuk dapat memanfaatkan media sosial maupun kanal-kanal yang telah disediakan oleh pemerintah untuk melakukan pengawasan dalam setiap kegiatannya.

"Kegiatan ini juga diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Tim JAGA untuk mendorong pemanfaatan kanal JAGA dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses pengawasan publik,"terang Ilham.

Secara spesifik, lanjut Ilham, dalam kegiatan ini warga akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengenai jurnalisme warga melalui one-day coaching, serta didorong untuk melakukan pengawasan (monitoring) publik secara marathon, dengan membagikan informasi terkait potensi pelanggaran di Bojonegoro melalui aplikasi yang telah dikembangkan oleh KPK tersebut.

Bojonegoro terpilih sebagai salah satu area pelaksanaan karena adanya komitmen Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam mendukung partisipasi publik, transparansi, serta keterbukaan informasi. Komitmen ini ditunjukkan melalui disediakannya Bojonegoro Open System.

"Selain itu, Bojonegoro juga menjadi tuan rumah pada Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional Pertama yang diselenggarakan pada bulan Juni 2019 lalu,"tandasnya.

Sementara Kepala Inspektorat Kabupaten Bojonegoro, A. Nuril berharap agar dari kegiatan Roadshow Jurnalisme Warga ini dapat memberikan manfaat bagi partisipasi masyarakat dalam pembangunan Bojonegoro, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Para peserta juga agar bisa mengikuti kegiatan ini hingga tuntas, sehingga wawasan yang didapatkan juga tidak setengah-setengah,"kata Nuril yang sekaligus membuka kegiatan secara simbolis.

Tag : Hivos, aji



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat