19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |  
Tue, 07 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan HUT RI ke-74

Wujud Syukur, Masyarakat Balen Akan Adakan Festival 'Sego Liwet'

blokbojonegoro.com | Friday, 16 August 2019 20:00

Wujud Syukur, Masyarakat Balen Akan Adakan Festival 'Sego Liwet'

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Banyak cara dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-74, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Kedungdowo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (17/8/2019) besok malam. Rencananya masyarakat setempat akan mengadakan Festival 'Sego Liwet' sebagai bentuk syukur masyarakat Desa Kedungdowo.

Inisiator festival 'Sego Liwet', Abdul Mukarom menjelaskan, agenda tersebut salah satu rangkaian kegiatan HUT RI di Desa Kedungdowo Kecamatan Balen, sekaligus sedekah bumi atau 'nyadran' atau manganan. Namun untuk tahun ini sengaja panitia mengadakan Festival 'Sego Liwet' yang pertama kali.

"Sebagai bentuk rasa syukur dengan Festival Sego Liwet, atas anugerah Kemerdekaan RI ke 74. Serta secara khusus dirangkai dalam gelar tradisi yang sudah turun temurun bagi masyarakat Desa Kedungdowo Kecamatan Balen," jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil Mbah Doel menceritakan, kenapa 'Sego Liwet' diadakan karena 'Sego Liwet' adalah teknik memasak yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita yang dirasa sudah mulai hilang. "Sego Liwet, filosofinya kerja keras dan kebersamaan dalam menikmati hasil panen," terangnya.

Mbah Doel yang juga petani kreatif itu menyebut 'Sego Liwet' merupakan peradaban ketahanan pangan nenek moyang sampai menghasilkan produk unggulan sesuai perkembangan zaman. Untuk itu panitia HUT RI ke 74 dan sedekah bumi Desa Kedungdowo Kecamatan Balen bekerjasama dengan Pemerintah Desa, seluruh lembaga kemasyarakatan dan juga seluruh masyarakat ingin bernostalgia dan mengenang 'Sego Liwet' sebagai ungkapan rasa syukur.

Sementara itu, Ketua BPD Kedungdowo, Purwanto menambahkan, sebelum Festival 'Sego Liwet' dalam puncak rangkaian acara HUT RI ke 74 dan sedekah bumi Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, diadakan tahlil dan doa bersama di makam desa, pada hari Selasa (13/8/2019) dan Kamis (15/8/2019).

Sedangkan pada Rabu (14/8/2019), dilaksanakan Pagelaran Kesenian Langen Tayub. Serta pada Jumat (16/8/2019) pagi kembali dilangsungkan tahlil dan pengajian umum di makam setempat. Kemudian, pada Sabtu (17/8/2019) besok pagi, seluruh masyarakat Desa Kedungdowo mengikuti upacara HUT RI di halaman SDN Kedungdowo. [zid/lis]

 

Tag : kemerdekaan, ri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more