13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |   09:00 . Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan HUT RI ke-74

Wujud Syukur, Masyarakat Balen Akan Adakan Festival 'Sego Liwet'

blokbojonegoro.com | Friday, 16 August 2019 20:00

Wujud Syukur, Masyarakat Balen Akan Adakan Festival 'Sego Liwet'

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Banyak cara dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-74, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Kedungdowo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (17/8/2019) besok malam. Rencananya masyarakat setempat akan mengadakan Festival 'Sego Liwet' sebagai bentuk syukur masyarakat Desa Kedungdowo.

Inisiator festival 'Sego Liwet', Abdul Mukarom menjelaskan, agenda tersebut salah satu rangkaian kegiatan HUT RI di Desa Kedungdowo Kecamatan Balen, sekaligus sedekah bumi atau 'nyadran' atau manganan. Namun untuk tahun ini sengaja panitia mengadakan Festival 'Sego Liwet' yang pertama kali.

"Sebagai bentuk rasa syukur dengan Festival Sego Liwet, atas anugerah Kemerdekaan RI ke 74. Serta secara khusus dirangkai dalam gelar tradisi yang sudah turun temurun bagi masyarakat Desa Kedungdowo Kecamatan Balen," jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil Mbah Doel menceritakan, kenapa 'Sego Liwet' diadakan karena 'Sego Liwet' adalah teknik memasak yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita yang dirasa sudah mulai hilang. "Sego Liwet, filosofinya kerja keras dan kebersamaan dalam menikmati hasil panen," terangnya.

Mbah Doel yang juga petani kreatif itu menyebut 'Sego Liwet' merupakan peradaban ketahanan pangan nenek moyang sampai menghasilkan produk unggulan sesuai perkembangan zaman. Untuk itu panitia HUT RI ke 74 dan sedekah bumi Desa Kedungdowo Kecamatan Balen bekerjasama dengan Pemerintah Desa, seluruh lembaga kemasyarakatan dan juga seluruh masyarakat ingin bernostalgia dan mengenang 'Sego Liwet' sebagai ungkapan rasa syukur.

Sementara itu, Ketua BPD Kedungdowo, Purwanto menambahkan, sebelum Festival 'Sego Liwet' dalam puncak rangkaian acara HUT RI ke 74 dan sedekah bumi Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, diadakan tahlil dan doa bersama di makam desa, pada hari Selasa (13/8/2019) dan Kamis (15/8/2019).

Sedangkan pada Rabu (14/8/2019), dilaksanakan Pagelaran Kesenian Langen Tayub. Serta pada Jumat (16/8/2019) pagi kembali dilangsungkan tahlil dan pengajian umum di makam setempat. Kemudian, pada Sabtu (17/8/2019) besok pagi, seluruh masyarakat Desa Kedungdowo mengikuti upacara HUT RI di halaman SDN Kedungdowo. [zid/lis]

 

Tag : kemerdekaan, ri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat