Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen

blokbojonegoro.com | Friday, 23 August 2019 14:00

Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com -  Musim ini para petani tembakau Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro tengah panen tembakau. Hanya sebagian  petani yang menanam komoditas bahan utama rokok ini, alhasil harganya pun relatif mahal mencapai Rp3.500 per kilogram.

Biasanya areal sawah Desa Balenrejo saat Musim Kemarau II mayoritas petani bertanam kacang kedele dan kacang ijo. Untuk musim ini ada beberapa petani yang beralih menanam bahan utama rokok itu.

Salah satu petani yang menanam tembakau adalah Maulan. Ia merasa senang dan bersyukur dengan harganya yang mahal. Selain itu sejak awal pertumbuhan juga mudah dan bagus.

"Alhamdulillah, sekarang harganya Rp3.500. Ini pemetikan yang keempat. Mendapat 550 kilogram setelah ditimbang tadi," kata Maulan.

Menurutnya, pemetikan pertama mendapatkan 300 kilogram harga Rp2.000, pemetikan kedua dan ketiga mendapat masing-masing 500 kilogram harga Rp3.000.

Maulan mengatakan, ia menanam tembakau di musim kemarau II akhir bulan Mei lalu sebanyak 5000 batang, campuran varietas Jawa dan CK.

Staf Bidang Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro, Candra, saat dimintai tanggapan tentang harga tembakau daun basah sekarang, "Harga Rp 3.500 itu sudah mahal," katanya singkat, Jumat (23/8/2019).

Candra melanjutkan, musim yang akan datang bila petani ingin bermitra dengan perusahaan rokok, Dinas Pertanian bisa membantu menghubungkan dengan pabrik rokok Gudang Garam, Jarum, atau Sampoerna.

"Untuk kemitraan masing-masing pabrik rokok varietas yang ditanam beda. Gudang Garam biasanya varietas CK/K326, Jarum varietas T45, Sadana/Sampoerna varietas Prancak 95," kata Candra menutup wawancara. [lis]


*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : PPL, tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini