Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ratusan Warga Sumberjokidul Ikuti Lomba Tangkap Ikan Massal

blokbojonegoro.com | Sunday, 25 August 2019 14:30

Ratusan Warga Sumberjokidul Ikuti Lomba Tangkap Ikan Massal

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sekitar 300 warga Dukuh Kalisat, Desa Sumberjokidul, Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, Minggu pagi, mengikuti perlombaan menangkap ikan dalam menyambut HUT RI ke-74.

Mulai dari anak-anak, wanita, hingga pria dewasa ikut berjibaku menangkap ikan lele yang dilepas di area waduk. Lomba "Ngubek Gawan" yang berarti menangkap ikan dilakukan dengan tangan kosong, tanpa menggunakan alat tangkap.

Ada 1.500 okor lele dengan berat 1,5 kwintal yang disebar untuk ditangkap. Meski air kubangan sudah bercampur lumpur akibat warga saling berebut, hal ini yang membuat lomba tampak semakin meriah.

Para peserta harus jeli melihat dan merasakan gerakan ikan melalui tangan serta kedua kaki yang tidak memakai alas kaki. Banyaknya ikan lele yang dilepas oleh panitia, tidak menjamin peserta mendapatkan tangkapan yang melimpah. Salah satu peserta mengaku licinnya ikan lele serta keruhnya air kerap membuat peserta gagal menangkap.

"Sulit sekali mas, soalnya tidak menggunakan alat apapun dan hanya mengandalkan kejelian saja," ungkap salah satu warga, Kasdi.

Sementara itu, Ketua Karangtaruna, M Izzul Khuluq menjelaskan, kegiatan lomba ngubek gawan merupakan inisiatif dari pemuda karangtaruna. Dalam perlombaan ini nantinya akan diambil dua pemenang, pertama masyarakat yang berhasil menangkap lele yang ada tandanya dan kedua, masyarakat yang menangkap lele paling banyak.

"Bagi masyarakat yang tidak berhasil menang juga tidak perlu khawatir, karena ikan lelenya boleh dibawa pulang untuk dikonsumsi masing-masing," ungkap pemuda yang akrab disapa Izul tersebut.

Lomba menangkap ikan di waduk ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi antar warga dan memunculkan rasa nasionalme. Selain itu, potensi desa yang ada ini juga dilihat dan disentuh oleh pemerintah, khususnya perangkat desa.

"Rencananya tangkap ikan ini akan kita jadikan agenda tahunan setiap Agustus untuk mempererat persaudaraan juga," imbuhnya.[din/ito] 

Tag : Kalisat, sumberrejokidul, sukosewu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini