13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Tips Agar Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 August 2019 07:00

5 Tips Agar Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Meninggalkan anak di bawah pengasuhan orang lain kadang menimbulkan kecemasan hingga rasa bersalah bagi para ibu bekerja. Ya, ada banyak momen yang mungkin dilewati ibu saat sedang meninggalkan anak bekerja.
 
Memilih untuk melanjutkan karier sebagai ibu bekerja memang tak selamanya mudah. Anda harus pintar-pintar membagi waktu agar bisa menyeimbangkan antara tanggung jawab pekerjaan dan mengurus keluarga di rumah.

Tak perlu khawatir tak punya waktu bersama anak, Moms. Meski bekerja di luar rumah, Anda bisa kok tetap dekat dengan anak. Coba lakukan 5 hal ini, agar Anda dan anak selalu punya waktu berkualitas setiap hari.

1. Sempatkan Waktu untuk Sarapan Bersama

Meski terlihat sepele, menyempatkan waktu sarapan bersama menjadi momen yang sangat berharga bagi si kecil. Paling tidak, pada saat sarapan, Anda bisa berkumpul dan berkomunikasi menanyakan seputar kegiatannya di sekolah dan rencana anak usai pulang dari sekolah.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk lebih dekat dengan anak. Tipsnya, ajaklah si kecil menyiapkan menu sarapan favoritnya. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahannya dulu ya, Moms.

Jika tak sempat berbelanja, Anda bisa memanfaatkan BlibliMart yang menyediakan semua produk rumah tangga Anda, seperti bahan masakan, buah-buahan, sayuran, telur, dan kebutuhan lainnya. Selain praktis, gratis ongkir, dan barang bisa dikirim di hari yang sama, Anda juga bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. 

Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda juga bisa memanfaatkan Tiarapot dari Polytron. Tiarapot merupakan Smart Multi Cooker yang mampu menyajikan berbagai jenis masakan hanya dengan satu alat saja. Masak jadi cepat dan tidak repot, Moms.

2. Bacakan Buku Cerita Sebelum Anak Tidur

Sesibuk apapun kegiatan Anda di luar rumah, usahakan selalu punya waktu untuk membacakan buku cerita pada anak sebelum tidur ya, Moms. Sebab ada banyak manfaat yang bisa dapatkan dari kegiatan ini.

Menurut sebuah penelitian di National Institute of Child Health and Human Development, AS, mendongeng atau membacakan cerita kepada anak sebelum tidur bisa memicu peningkatan perkembangan otak. Bahkan, jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini bisa membantu meningkatkan pengembangan logika berpikir anak.

Tapi perlu diingat, Moms. Pilihlah buku cerita yang sesuai dengan usianya. Misalnya memilih  buku Polly Parrot's yang sangat cocok untuk anak usia 0-4 tahun.

Buku ini punya keunggulan dibandingkan buku cerita anak lainnya. Sambil bercerita, Anda bisa menggerak-gerakan hand puppet kepala binatang yang terbuat dari kain plush bulu halus yang aman untuk anak-anak. Buku ini tentunya sangat menarik untuk dibaca karena anak bisa jadi lebih interaktif.

3. Menemani Anak Bermain Setelah Pulang Bekerja

Jika Anda pulang kerja lebih cepat, Anda bisa menyempatkan waktu di rumah dengan menemani anak bermain. Ada banyak permainan yang bisa Anda lakukan bersama anak, dua di antaranya yakni ular tangga atau puzzle. Selain menyenangkan, kedua permainan ini juga bisa digunakan untuk mengedukasi anak.

Walaupun tampak sederhana, permainan ular tangga dapat mengajarkan konsep angka dan bilangan pada anak seperti halnya pelajaran matematika. Melalui permainan ini, anak akan menghitung kotak-kotak yang ia lalui saat menggerakkan bidak sesuai jumlah mata dadu yang keluar.

Selain ular tangga, permainan puzzle pun tak kalah seru. Permainan ini juga memiliki banyak manfaat bagi anak, salah satunya bantu mengembangkan keterampilan kognitif. Ketika bermain puzzle, anak akan mengenal bentuk dan ukuran serta warna berbeda pada objek. Hal ini tentunya dapat  membantu anak belajar untuk meletakkan segala sesuatu secara bersamaan dan harmonis, yang secara otomatis membuat keterampilan kognitifnya terlatih.

4. Bantu Menyiapkan Perlengkapan Sekolah untuk Esok Hari

Bagi Anda yang punya segudang aktivitas padat di pagi hari, menyiapkan kebutuhan anak untuk sekolah mungkin akan jadi tantangan tersendiri. Tapi tenang, Moms. Anda bisa menyiasatinya dengan mengajak anak untuk bersama-sama menyiapkan semuanya di malam hari sebelum tidur.

Ajaklah anak untuk memeriksa semua buku, tempat pensil, dan perlengkapan lainnya agar tidak ada yang tertinggal. Pastikan kepada anak apakah semua PR telah dikerjakan.  Siapkan pula seragam dan sepatu untuk dikenakan anak esok harinya. 

Cara ini dapat menghemat waktu sehingga saat pagi hari Anda bisa fokus menyiapkan sarapan dan tinggal menyiapkan botol minum serta tempat bekal untuk makan siang anak di sekolah.

5. Luangkan Waktu di Akhir Pekan Hanya untuk Anak

Senin sampai Jumat waktu Anda mungkin lebih banyak digunakan untuk pekerjaan, sehingga kecil kesempatan Anda untuk pergi keluar dan bereksplorasi bersama Si Kecil.

Tidak apa-apa, Moms. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukannya di akhir pekan. Anda bisa membangun keakraban bersama anak dengan cara yang sederhana, seperti piknik di taman.

Anda bisa membuat piknik lebih menarik dengan cara mempersiapkan aneka aktivitas, termasuk bekal makan siang yang praktis namun tetap lezat dan bergizi. Bawalah kotak makan siang berisi menu yang mudah dibuat, misalnya sosis goreng dengan nugget dan telur goreng, nasi secukupnya, dan sayuran tumis. Jangan lupa bawa alas duduk dan stroller agar Anda tidak kerepotan saat membawa si kecil dan perlengkapan piknik.

Inilah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan kasih sayang ke buah hati tercinta walaupun Anda sibuk bekerja. Tentunya masih banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perhatian di tengah kesibukan Anda. Apalagi, kini semua kebutuhan bisa dengan mudah Anda dapatkan di Blibli.com. Meski sibuk, Anda bisa memanfaatkan Blibli.com untuk mencari berbagai kebutuhan rumah ataupun barang untuk menyenangkan buah hati tercinta.

Nah, bagaimana dengan Anda, Moms? Apakah punya cara lain agar tetap dekat dengan anak meski bekerja di luar rumah? Ceritakan pengalaman Anda dan dapatkan informasi lainnya seputar anak di  Komunitas Sahabat Ibu Pintar. Untuk mendaftar, silakan klik tautan berikut ini.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat