19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |  
Tue, 07 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Apakah Asma Menular?

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 September 2019 07:00

Apakah Asma Menular?

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Penyakit asma merupakan penyakit yang menyerang pernapasan, tepatnya dikarenakan penyempitan pada saluran napas. Penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba dan terjadi berulang kali. Asma termasuk penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan gejalanya. Karena itu, orang-orang yang menderita asma harus bisa selalu menjaga kesehatan dan menghindari pemicu asma kambuh. Untuk berjaga-jaga, penderita asma perlu menyediakan inhaler agar saat penyakit asma kambuh inhaler dapat segera digunakan dalam meredakan gejala asma.

Setiap penderita asma sendiri akan mengalami gejala yang berbeda-beda, ditandai dengan ciri-ciri asma seperti:

- dada terasa sesak

- kesulitan bernapas

- batuk-batuk baik pada siang maupun malam hari

- terdengar suara mengi saat bernapas

- mudah kambuh saat terpapar alergen atau pencetus alergi.

Apakah Penyakit Asma Menular?

Penyakit asma memang menyerang organ pernapasan, namun berbeda dengan penyakit lainnya yang biasa menyerang paru-paru, penyakit asma sama sekali tidak menular. Orang-orang yang berinteraksi atau berada di sekitar penderita asma tidak perlu merasa takut dan khawatir tertular penyakit tersebut. Bahkan jika kita melakukan kontak langsung dengan penderita atau berbagi penggunaan alat pribadi, penyakit tersebut tidak akan menular sama sekali.

Penyakit asma tidak disebabkan oleh infeksi virus, jamur atau bakteri sehingga tidak akan berpindah tempat ke tubuh orang lain. Penyakit ini justru rentan kambuh jika terpapar alergen seperti serbuk sari, makanan, udara dingin, debu dan faktor lainnya. Untuk mendiagnosis penyakit asma, dokter akan melakukan tes spirometri untuk memeriksa kondisi paru-paru, juga tes alergi. Dengan begitu, dokter dapat menentukan penanganan yang tepat untuk meredakan gejala asma.

Selama ini, banyak orang menganggap remeh penyakit asma saat gejalanya sudah tidak dirasakan, padahal peradangan pada saluran napas dapat terus terjadi. Beberapa fakta yang penting untuk diketahui baik untuk penderita asma maupun orang di dekatnya adalah sebagai berikut.

Penyakit asma bukan penyakit keturunan, namun hal tersebut dapat menjadi faktor resiko yang harus diwaspadai.

Penderita asma sering dilarang untuk berolahraga agar penyakitnya tidak kambuh, padahal olahraga justru dapat membantu mencegah asma kambuh. Hanya saja, jenis olahraga berat tidak disarankan untuk dilakukan.

Asma dapat kambuh kapan saja dan dimana saja, karena itu penderita asma harus selalu membawa obat anti asma ke mana saja meski gejala tidak dirasakan.

Ibu menyusui yang menderita asma tetap dapat menyusui bayinya tanpa perlu khawatir penyakit tersebut menular ke anaknya. Justru ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Jadi kesimpulannya, asma bukanlah penyakit menular. Jadi kita tidak perlu takut berinteraksi dengan penderita asma. Selain itu, penting untuk selalu waspadai penyakit yang menyebabkan sesak napas. Jika penyakit tersebut muncul terapkan penanganan asma pada anak dan orang dewasa dengan tepat. [lis]

Sumber: halosehat.com

 

Tag : asma, penyakit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more