13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#inspiratif

Tetap Produktif di Usia Senja

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 October 2019 09:00

Tetap Produktif di Usia Senja

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di usia yang sudah setengah abad, tenaganya masih kuat dan masih terlihat produktif untuk mengolah sule (susu kedelai).

Ya dia adalah Sugeng Hardijanto, purna rimbawan Perhutani, asal Kelurahan Klangon, Kecamatan/Kota Bojonegoro.

Usai purna bukannya beristirahat menikmati hari tua, justru disibukkan dengan kegiatan mengolah kedelai menjadi susu atau minuman segar, yang tiap harinya dititipkan di kantin sekolah.

"Sehari bisa mencapai 100 bungkus susu kedelai," ucap Sugeng kepada blok.bojonegoro.com.

Meski sudah purna, laki-laki 55 tahun ini tak ingin berpangku tangan, tapi ia ingin tetap produktif dan tentu menghasilkan. "Omzet sebulan Rp1,5 juta. Alhamdulillah bisa buat tambahan biaya sehari-hari juga," tutur pria baruh baya ini.

Awal mulanya, karena memang sudah memasuki masa purna, Sugeng berfikir bagaimana caranya agar hidup yang terus berjalan ini ia tetap bisa produktif.

Ia pun memanfaatkan mesin pencarian terbesar di dunia di internet yaitu google. Tentu ia mencari bisnis apa saja yang menguntungkan. Ternyata bisnis sule alias susu kedelai termasuk bisnis yang bisa dibilang menguntungkan.

"Modalnya gak begitu banyak, cukup kedelai, gula dan air. Tetapi hasilnya bikin nagih," tuturnya.

Sudah hampir 5 bulan belakangan ini Sugeng menekuni usaha susu kedelai. Ia bersyukur hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja saat cuaca tidak sedang panas susu kedelai olahannya ini bisa dibilang sepi pembeli.

"Tapi kalau pas cuaca panas ramai karena kan peminatnya anak sekolah, apalagi diminum saat dingin tentu sangat segar," tngkap bapak dua anak ini.

Sugeng pun berpesan kepada siapapun, tak perlu memandang tua maupun muda, bagi dirinya selagi masih sehat harus tetap produktif. "Sebisa mungkin melakukan kegiatan atau aktivitas yang bermanfaat. Karena itu untuk kesehatan juga baik, dan baik juga untuk kantong," tutupnya. [liz/mu]

Tag : susu kedelai, purna , perhutani, tua, usaha, usaha rumahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat