Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

blokbojonegoro.com | Wednesday, 16 October 2019 09:00

Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu, Kecamatan Kedungadem.

Pengukuran jalan sudah dilaksanakan kemarin oleh pihak Disperta bersama konsultan, yang disaksikan oleh PPL desa setempat, pengurus kelompok tani beserta anggota.

Hari ini langsung ditindaklanjuti dengan menata dan melebarkan galengan oleh anggota kelompok tani. "Pagi ini kita gotong royong melebarkan galengan lokasi JUT," kata Zaeni, ketua kelompok tani Tani Makmur I, Rabu (16/10/2019).

Kasi Investasi dan perencanaan usahatani Disperta, Yunia mengatakan bahwa JUT ini sepanjang 148 meter dan lebar 120 centimeter. Struktur bangunan terdiri dari pedel paling bawah, kemudian pasir, paling atas precast atau beton pra cetak.

"Pembangunan JUT ini akan segera dilaksanakan. Insya Allah paling lambat tanggal 30 November 2019 sudah rampung dan bisa digunakan beraktifitas oleh petani," ujar Yunia.

Yunia menambahkan, JUT ini berfungsi untuk memperlancar transportasi pertanian, agar biaya angkut hasil pertanian lebih murah sehingga bisa menekan biaya produksi pertanian.

Sementara itu Dasrup, petani setempat sekaligus sekretaris kelompok tani merasa senang dengan bantuan JUT ini. "Galengan ini selain dilewati petani juga dilewati penduduk yang mengambil air bersih di ujung jalan sana. Walau musim kemarau seperti sekarang ini air sumur tersebut tidak habis," katanya.

Dasrup menambahkan, dengan dibangunnya JUT ini galengan tidak becek lagi saat musim hujan. "Dan bermanfaat bagi orang banyak," imbuhnya. [ito]

*Pengirim adalah: PPL Disperta Bojonegoro

Tag : jitut, ngrandu, kedungadem, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini