07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |   10:00 . Antisipasi Kekeringan, BPBD Bojonegoro Siap Dropping Air Bersih   |   07:00 . Bolehkah Puasa Asyura tanpa Puasa Tasu'a   |   10:00 . Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia Kunjungi Kampung Samin Margomulyo   |   09:00 . Pecah Sembilan┬áPeserta Meriahkan Ngelenyer Dance HUT Kemerdekaan RI   |   08:00 . Kunjungi Lapangan Gas JTB, Pangdam V/Brawijaya Ajak Masyarakat Dukung Industri Hulu Migas   |   07:00 . Makan Sambil Main Gadget Berpotensi Merusak Pola Makan Anak   |   06:00 . Pemkab Bojonegoro Selenggarakan Program Sunset Policy, Ayo Segera Manfaatkan...!   |   19:00 . Kompak Naik, Harga Emas Antam Tembus Harga Rp1 Juta   |   18:00 . Dharmaningtyas: Pak Jokowi, Mohon Beri Perhatian Pada Pendidikan Nasional   |   16:00 . EMCL Menyerahkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro   |   12:00 . 7 Desa di Bojonegoro Peroleh BKK Jatim Puspa dari Jawa Timur   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Santri Nasional 2019

Kapolsek Baureno Ingatkan Pentingnya Perdamaian

blokbojonegoro.com | Wednesday, 23 October 2019 11:00

Kapolsek Baureno Ingatkan Pentingnya Perdamaian


Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Momentum Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, diperingati banyak kalangan tidak hanya santri di pondok pesantren. Bahkan pihak kepolisian juga mengingatkan pentingnya menjaga perdamaian, seperti yang dilakukan Kapolsek Baureno, Akp. Marjono saat menjadi inspektur upacara.

Upacara yang berlangsung khitmad dan tertib di lapangan Desa Pasinan, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (22/10/2019), diikuti Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Baureno, MWC NU, banom (badan otonom) NU, Kepala desa dan siswa - siwi SD, SMP dan SMA Se-kecamatan Baureno.

Dalam amanat Kapolsek Baureno membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, yang berisi tentang peran santri Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia. Sesuai Peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema 'Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia'.

"Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama," ucap Kapolsek Marjono, membacakan amanat Menteri Agama.

Melanjutkan amanat Menteri Agama, mantan Kapolsek Margomulyo itu menyampaikan, setidaknya ada sembilan alasan dan dasar mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian, yaitu kesadaran harmoni beragama dan berbangsa, metode mengaji dan mengkaji dalam pesantren, santri biasa diajarkan untuk khidmah, pendidikan kemandirian, gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren.

"Serta lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar dalam pesantren, santri terbiasa merawat khazanah kearifan lokal, prinsip maslahat atau kepentingan umum, dan penanaman spiritual," terangnya.

Saat prosesi upacara HSN 2019 di Kecamatan Baureno, dilakukan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan menyanyikan lagu Syubbanul wathon dan mars hari santri. Termasuk mengheningkan cipta, membacaan teks pancasila, UUD 1945, ikrar santri, resolusi jihad dan amanat inspektur upacara yang membacakan amanat Kementerian Agama.

Diketahui momen tahun ini juga terasa istimewa karena dalam peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini telah didahului oleh disahkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan adanya Undang-Undang tersebut, memastikan peran pesantren yang tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat. [zid/ito]


Tag : Hari, santri, nasional, polsek, baureno



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat