Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Anak Internasional, Ajak Anak Sehari Belajar di Luar Kelas

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 November 2019 13:00

Hari Anak Internasional, Ajak Anak Sehari Belajar di Luar Kelas

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Menyongsong peringatan Hari Anak Internasional pada 23 November mendatang, KPPPA (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) mencanangkan gerakan "Ajak Anak Sehari Belajar di Luar Ruangan Kelas"

Rosa salah satu guru kelas Madrasah Ibtidaiyah Fattahul Huda Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro mengatakan, tujuan utama untuk mewujudkan sekolah ramah anak serta sebagai bentuk perwujudan hak-hak anak Indonesia tentunya. Untuk meminimalisir kejenuhan anak.

"Makna belajar di luar ruangan kelas bukan berarti anak libur total selama satu hari tanpa aktivitas apapun. Namun yang dimaksud disini, dalam satu hari ini back out door learning (mengenal pembelajaran di luar kelas)," ujarnya.

Belajar di luar ruangan bisa dilakukan denhan menanam pohon, makan bersama guru dan kawan-kawan serta mengenalkan anak pada permainan tradisional yang sudah hampir terkikis.

Hal yang sama juga dilaksanakan di KB TK Aba Percontohan Bojonegoro. Selama belajar di luar ruangan pihaknya mengajak anak didik untuk melaksanakan Salat Dhuha berjamaah serta mengajak anak untuk bercerita dengan buku bergambar.

"Tiap sekolah pasti memberikan kegiatan yang berbeda-beda. Kali ini di TK Aba Percontohan Bojonegoro mengajarkan anak untuk berlatih Salat Dhuha yang nantinya anak akan terbiasa dan merasa enteng melaksanakan ibadah sunnah, serta mengajak anak bercerita untuk meningkatkan kecerdasan verbal. Belajar tidak hanya di dalam ruangan, aktivitas di luar ruangan juga merupakan bentuk pembelajaran, meminimalisir tingkat kejenuhan juga. Mereka juga memiliki hak-hak yang patut diperjuangkan tentunya," tutur Insiyah. [liz/lis]


Tag : Pendidikan, hari anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini