17:00 . Pelajar SMKN 2 Antusias Ikuti Program Goes To School oleh PWI Bojonegoro   |   16:00 . Antisipasi Gagal Panen, 2472,73 Hektare Sawah di Baureno Terdaftar Asuransi   |   15:00 . Aklamasi, Rokhim Nahkodai GP Ansor Tanjungharjo   |   14:00 . Dukung Kemudahan Berwirausaha, Ademos dan Sampoerna Luncurkan Klinik UMKM   |   13:00 . Dandim 0813, Apresiasi Pembangunan di Bojonegoro   |   07:00 . 3 Jenis Trauma yang Bisa Dialami Anak Akibat Pola Asuh yang Keliru   |   20:00 . 103 Desa Berstatus Mandiri Di Bojonegoro, Disiapkan Menjadi Pilot Project   |   19:00 . Hari Gizi Nasional, CEC Gelar Bazar Minyak Goreng dan Gula Murah   |   18:00 . PMI Bantu Bangunkan Huntara Bagi Pengungsi Gunung Semeru   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Muda di Bojonegoro Meningkat   |   16:00 . Dinsos Bojonegoro Buka Suara Terkait Saldo Bansos Rp0   |   15:00 . Naik Lagi, Harga Emas Antam 25 Januari Rp947.000 per Gram   |   13:00 . DLH Bojonegoro Minta EMCL Sosialisasi dan Utamakan Keselamatan Warga   |   12:00 . bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru   |   19:00 . Ini Alasan Pentingnya Vaksin Booster   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Ini Tipsnya!

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 November 2019 07:00

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Ini Tipsnya!

Reporter: --

blokbojonegoro.com -  Memasuki musim hujan kesehatan tubuh harus tetap dijaga agar tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga kesehatan di musim hujan sangat penting agar kita tidak mudah terserang penyakit. Cuaca dingin akibat hujan, menjadi salahsatu penyebab pengembangan penyakit di masyarakat. Berbagai penyakit seperti flu, filek, batuk, sesak nafas, masuk angin, hingga demam berdarah kerap diderita masyarakat ketika memasuki musim penghujan.

Memasuki akhir tahun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hampir seluruh wilayah di Indonesia akan memasuki musim penghujan.  Maka dari itu, untuk menghindari berbagai penyakit akibat musim hujan, ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan di antaranya:

Untuk menjaga kesehatan di musim hujan, anda perlu mengkonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk menguatkan daya tahan imun, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan.

2. Rajinlah Cuci Tangan Pakai Sabun

Agar terhindar dari ancaman penyakit saat musim hujan, anda mesti rutin mencuci tangan pakai sabun, terutama sebelum makan. Karena tangan merupakan tempat bersarang bakteri dan virus, maka kondisi tangan harus selalu bersih dan higienis. Di musim hujan ini anda akan mudah terserang flu apabila tidak bisa menjaga kebersihan tangan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Tips satu ini penting juga untuk menjaga kesehatan di musim penghujan. Air putih mampu mendetoks tubuh dari berbagai racun, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari ancaman penyakit. Namun anda harus pastikan, air putih yang anda minum harus bersih, higienis dan benar-benar matang.

4. Rutinlah Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Selain air putih, makanan berserat tinggi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi flu dan saluran pencernaan. Beberapa makanan berserat tinggi yang bisa anda konsumsi diantaranya, apel, pisang, pir, alpuka, wortel, bayam, brokoli dan masih banyak lagi.

Tips Lainya

5. Selalu Membawa Payung dan Jas Hujan

Bagi beberapa orang, kehujanan merupakan hal biasa dan tidak berpengaruh bagi kesehatan. Namun ada juga orang yang apabila terkena hujan, keesokan harinya langsung sakit demam. Maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan di musim hujan, bawalah payung dan jas hujan kemana saja anda pergi, untuk menghindari kontak langsung dengan air hujan.

6. Hindari Makanan dari Luar

Membeli makanan di luar rumah apalagi pinggir jalan seperti gorengan dan lain sebagainya, sebaiknya anda hindari dulu saat musim hujan.  Lebih baik anda memasak makanan bergizi di rumah agar lebih sehat tidak terkontaminasi.  Makanlah masakan dirumah selagi hangat, untuk mencegah terjadinya batuk pilek.

7. Jaga Kebersihan Lingkungan Anda

Tips ini juga mesti anda lakukan untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Menjaga kebersihan lingkungan di musim hujan sangat penting anda lakukan. Karena jika tidak, berbagai penyakit menjadi ancaman serius. Jangan biarkan sampah menumpuk di halaman rumah, karena sampah merupakan sarang penyakit. Pastikan kondisi lingkungan rumah selalu bersih dan sehat.

8. Selalu Gunakan Pakaian Hangat

Musim hujan cuaca tentu berubah menjadi sangat dingin, apalagi saat malam hari. Gunakanlah pakaian hangat selama musim hujan untuk menghindari penyakit musiman yang kerap diderita masyarakat saat musim hujan.

Demikian kami uraikan beberapa tips menjaga kesehatan di musim penghujan yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. [lis]

Tag : Hujan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 25 January 2022 12:00

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru Setelah membuka donasi 'Peduli untuk Mahameru' sejak Senin (6/12/2021) lalu, blokBojonegoro.com (bB) menyalurkan hasil donasi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Selasa (25/1/2022)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat