13:00 . Archipelago Food Festival Pertama Hadir di Kota Ledre   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Arti Pola Asuh Strict Parents Beserta 10 Tanda-tandanya   |   17:00 . Puluhan Medali Berhasil Dibawa Pulang Kontingen Bojonegoro   |   16:00 . Kemenag RI Terbitkan Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Kurban   |   14:00 . Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya   |   10:00 . Harga Daging Sapi Turun, Pedagang Malah Keluhkan Sepi Pembeli   |   09:00 . BPN Bojonegoro Gelar Acara Pisah Sambut Pejabat Administrator   |   08:00 . Dinkes Bojonegoro Bentuk Pelayanan PSC 119   |   20:00 . Cabor Horseback Archery Bojonegoro Tambah Satu Emas di Porprov Exhibition Jatim   |   19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |  
Mon, 04 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siswi SMKN I Sabet Juara Lomba Desain Batik Bengawan dan Kayangan Api

blokbojonegoro.com | Friday, 15 November 2019 12:00

Siswi SMKN I Sabet Juara Lomba Desain Batik Bengawan dan Kayangan Api

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Motif Bengawan Solo memberikan filosofi keindahan air sungai dan nampak karang-karang kecil di tepinya, itulah hasil desainer Nadia Dwi Prasasti siswi SMKN 1 Bojonegoro.

Karya dari Nadia Dwi Prasasti keluar sebagai Juara pertama pada lomba desain motif batik pinarak Bojonegoro, pada beberapa waktu yang lalu di Gofun.

Nadia mengaku sangat senang ketika dirinya dinyatakan sebagai pemenang pada tema Bengawan, perasaan senang tersebut hingga tak bisa diungkapkan.

"Alhamdulillah senang sekali sampai gak bisa diungkapkan," ungkap Nadia.

nadia

( Nadia Dwi Prasasti dengan desain batiknya dengan tema Bengawan Solo)

Pada tema lain, Kahyangan Api juga diraih SMKN 1 Bojonegoro sebagai juara pertama. Hasil desainer Julaika Putri pada lomba desain batik kayangan Api memberikan filosofi sebagai api abadi Bojonegoro.

Di sisi lain, Julaika siswi asal Desa Ngablak Kecamatan Dander ini mengaku terharu, ketika dirinya dinyatakan sebagai juara pertama desain batik tema Kayangan Api.

"Ya tentunya senang sekali, tidak menyangka, bersyukur sekali bisa membanggakan almamater, terutama kedua orang tua saya," imbuh Julaika.

julaika

(Julaika Putri dengan desain batiknya bertema Kahyangan Api)

Sementara guru pembimbing desain busana mengatakan, desain batik ini cukup rumit karena menggunakan teknik manual. Yang mana teknik ini bukan hanya menghadirkan keindahan, namun juga memerlukan teknik pembuatan yang tepat dari tata peletakan, sehingga bisa sesempurna mungkin ketika dikenakan sebagai ajang perlombaan.

"Teknik desain batik ini mengenakan teknik manual, perlu kejelian, imajinasi serta teknik tata peletakan yang utama. Selain itu memoles siswi yang memang sudah memiliki bakat terlihat lebih mudah untuk diarahkan," terang Tanti.

Pihaknya berharap dengan adanya lomba desain motif batik pinarak Bojonegoro, kedepannya dapat memperkenalkan inovasi batik melalui sektor pariwisata lokal. Selain itu pihaknya juga berharap Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bisa memberikan royalti terhadap hasil desainer anak Bangsa.

"Tentu berharap kedepan siswa-siswi kami bisa lebih inovatif lagi dan tentunya desain anak-anak kami harap bisa bersaing di tingkat nasional," jelasnya. [liz/mu]

Tag : smkn 1, siswa, lomba desain batik, batik bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat